Memiliki tanaman yang tumbuh subur, melihat tanaman dengan warnanya yang hijau, serta mekarnya bunga-bunga dapat menghibur. Bagaimana dengan orang-orang yang tidak memiliki pekarangan rumah? Jangan khawatir, orang-orang harus mengetahui terrarium sebagai solusi bagi yang tidak memiliki pekarangan rumah.

Terrarium, Taman Mini Sumber Kebahagiaan dan Konsentrasi di Rumah
source: https://www.westelm.com/

Sudah tahukah Moms apa itu terrarium? Saat ini terrarium sedang banyak digemari. Terrarium adalah taman mini dalam wadah kaca. Wadah kaca dengan berbagai bentuk tersebut dapat ditambahkan tanaman yang hanya perlu perawatan minimal dan sangat cocok untuk yang memiliki sedikit waktu, tidak memiliki bakat berkebun atau tidak memiliki pekarangan rumah untuk membuat taman.

Selain menjadi hiasan dan menambah keindahan ruangan, terrarium memiliki banyak manfaat juga lho. Konon katanya, terrarium dapat meningkatkan konsentrasi dan kadar bahagia. Kok bisa? Yuk intip alasannya.

Penambah semangat dan dapat menyembuhkan

 

Terrarium, Taman Mini Sumber Kebahagiaan dan Konsentrasi di Rumah
source: https://uvmbored.com/

Terrarium dapat menjadi salah satu alat terapi. Mengapa? Adalah sebuah kebiasaan membawakan bunga atau tanaman hias dalam bentuk kecil ketika menjenguk pasien di Rumah sakit. Bukan hanya karena rasa menghormati, namun menurut riset tanaman atau bunga dapat secara tidak langsung menolong proses penyembuhan.

baca juga

Produktivitas bertambah

 

Terrarium, Taman Mini Sumber Kebahagiaan dan Konsentrasi di Rumah
source: http://www.rumahhokie.com/

Terrarium dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi. Terrarium yang ada di ruangan dengan tanaman hijau akan menambah perasaan positif dan rileks, menghilangkan kemarahan, kesedihan, rasa cemas, dan rasa jenuh. Selain itu, tumbuhan dalam terrarium dapat menghidupkan ruangan. Bagi seseorang yang menghabiskan waktu di rumah, terrarium dapat menjadi pemicu semangat dan akan menjadi rileks, terrarium juga dapat menghiasi meja dengan ragam bentuk dan warnanya.

Mengajarkan Tentang Kehidupan

Terrarium, Taman Mini Sumber Kebahagiaan dan Konsentrasi di Rumah
source: https://glitzmedia.co/

Mengahargai kehidupan itu sangat perlu, yang sulit adalah bagaimana cara menghargainya. Bagi kaum millennials yang selalu larut dalam teknologi, seringkali tidak peduli dengan apa yang ada di sekeliling kita. Salah satunya adalah tumbuhan. Seseorang yang mempunyai pengalaman memelihara terrarium akan belajar menghargai tanaman. Salah satunya cara perawatannya. Jika terrarium terbuka harus disiram sesekali atau seminggu sekali, kecuali tanaman kaktus yang disiram sebulan sekali. Sedangkan siraman tidak diperlukan untuk terrarium yang kedap udara.

baca juga

Keindahan yang Tak Ternilai

Terrarium, Taman Mini Sumber Kebahagiaan dan Konsentrasi di Rumah
source: https://pinterest.com/

Untuk membuat terrarium perlu disiapkan wadah atau vas kaca, tanap pot ringanyang banyak drainase, arang, batu kecil dan pasir yang dapat dipakai sebagai media tanam. Jika ingin menanam kaktus dan sukulen, pilihlah jenis yang pertumbuhannya lambat. Terrarium ini dapat dihias sesuai kreativitas dan dapat ditambahkan aksesoris dekoratif yang biasa dipakai dalam akuarium

Menghilangkan stres

Terrarium, Taman Mini Sumber Kebahagiaan dan Konsentrasi di Rumah
source: http://www.naturalhoney.co.id/

Orang-orang yang mengambil keutusan untuk membuat, menyimpan sebagai interior rumah dan memelihara terrarium akan memiliki kebahagiaan tersendiri, pasalnya aneka corak dan keunikan terrarium mampu membuat siapa saja yang memandangnya akan lebih rileks, segar dan bahagia. Apabila tanaman hias dalam terrarium terdapat kadar oksigen dapat membuat pikiran relaks dan akan terhidar stress.