1. Teh hijau
Beberapa tahun belakangan teh hijau seolah menjadi primadona untuk skincare. Dari mulai memasukkannya dalam berbagai minuman yang menjanjikan hasil tubuh langsing dan kulit bersih, hingga ke dalam berbagai skincare seperti sabun wajah, losion, hingga makeup. Teh hijau memang kaya akan kandungan antioksidan, antibakteri, serta antiinflamasi. Selain diminum, Moms bisa menggunakannya untuk mandi seperti wanita Jepang. Tambahkan garam serta daun teh hijau, kemudian berendamlah di dalamnya. Untuk merawat kulit kepala dan rambut, Moms juga bisa menggunakan teh hijau sebagai masker rambut.
 

source: https://cdn-a.william-reed.com/var/wrbm_gb_food_pharma/storage/images/5/9/9/4/4814995-1-eng-GB/Green-tea-consumption-can-lower-rice-induced-diabetes-risk-in-women-Japanese-study_wrbm_large.jpg

2. Rumput laut
Rumput laut selain rasanya yang enak, ternyata juga mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan kulit dan tubuh. Para wanita Jepang rajin mengonsumsi rumput laut sebagai anti agen agar kulit selalu lembab. Jika kelembabab kulit terjaga, tentu masalah kulit kusam dan keriput akan menyingkir. Selain itu makan rumput laut secara teratur juga menguatkan dan mengilaukan rambut.
 

source: https://ecs7.tokopedia.net/img/cache/700/product-1/2016/11/5/1581121/1581121_a24e8ba8-4e1f-4010-a403-8dba235177e1.jpg
baca juga

3. Kacang azuki
Kacang azuki, atau kacang merah kecil yang di Indonesia sering disebut kacang tolo merah memang merupakan salah satu jenis kacang khas Asia. Di Jepang kacang ini telah digunakan untuk merawat kecantikan sejak tahun 700-an. Caranya, kacang azuki ditumbuk hingga menjadi bubuk halus, kemudian digunakan sebagai scrub untuk eksfoliasi. Lakukan cara ini secara teratur 2 hingga 3 kali seminggu. Hasilnya kulit wajah akan lembut, bebas jerawat dan komedo, serta warnanya akan menjadi cerah.

source: https://www.mounthopewholesale.com/wp-content/uploads/2015/02/BADZ.jpg

4. Beras Jepang
Beras Jepang tidak hanya cocok untuk membuat makanan sushi. Moms juga bisa menggunakan beras Jepang sebagai masker wajah. Cara ini sudah ada sejak jaman Edo di tahun 1600-an, lho! Supaya lebih maksimal, manfaatkan juga air bekas cucian beras Jepang untuk mandi serta mencuci muka. Hasil yang akan Moms rasakan yakni berkurangnya garis halus dan keriput, serta meningkatkan kehalusan kulit.

source: https://i.ytimg.com/vi/-eed1Kz-3DE/maxresdefault.jpg
baca juga

5. Air panas alami
Jepang memiliki banyak pemandian air panas alami. Dan bukan sekedar hobi jika banyak wanita Jepang gemar berendam di dalamnya. Ternyata, berendam di dalam air panas alami akan menutrisi kulit karena kayanya kandungan mineral. Namun jika menemukan sumber air panas alami sulit untuk Moms lakukan, coba cara lain wanita Jepang untuk menjaga kesehatan kulit, yakni dengan mandi uap sebelum tidur. Manfaatnya beragam, dari mulai membersihkan pori-pori, melembabkan kulit, serta mencerahkan warna kulit.
 

source: https://i2.wp.com/wearetravelgirls.com/wp-content/uploads/2016/12/Takaragawa_Onsen.jpg?fit=1024%2C769&ssl=1