Membantu Membentuk Karakter

Setiap dongeng pasti mempunyai pesan moral yang kuat. Kisah yang diperdengarkan saat menjelang tidur pasti akan dicerna dengan baik oleh anak. Terlebih jika kamu menekankan pesan moralnya. Sesederhana pesan moral, anak akan menyimak dan memikirkan dengan baik. Tanpa merasa digurui, anak dengan senang hati mendengarkan lewat kisah dongeng seperti sayang kepada teman, tidak berebut mainan, menggosok gigi saat akan tidur dan sebagainya.

source: http://www.surtibillares.com.mx


 

Melatih Kegemaran Membaca

Buku dongeng selalu diselipkan dengan gambar-gambar yang menarik minat anak. Anak tidak hanya diajar untuk mendengar, namun anak juga dapat belajar membaca lewat buku bergambar. Dengan buku yang memuat kisah yang menarik, anak akan terbiasa membaca. Kalau kamu rutin membacakan dongeng setiap malam, niscaya anak akan minta dibacakan menjelang tidur. Lambat laun, minat baca anak akan semakin bertumbuh.

source: http://health.liputan6.com


 

baca juga

Mengembangkan Imajinasi Anak

Anak-anak sangat suka berimajinasi dengan lingkungan sekitarnya. Imajinasi adalah salah satu cara untuk melatih daya pikir dan daya nalar anak dengan cepat dan efektif. Anak yang senang berimajinasi adalah anak yang kreatif. Dengan membaca buku lewat dongeng, anak akan dilatih untuk berimajinasi sesuai dengan tokoh, situasi dan tempat saat cerita dibacakan. Dengan berimajinasi, anak akan melihat segala sesuatunya lebih bervariasi dan hidup lebih berwarna.

source: https://id.theasianparent.com


 

Melatih Kemampuan Bahasa

Dengan mendongeng untuk anak, anak tidak hanya dilatih untuk berimajinasi. Kemampuan bahasa anakpun akan terlatih dengan baik. Terlebih saat kamu mendongeng untuk bayi, dimana kemampuan bicara dan kosakatanya belum banyak dan sempurna. Anak akan mendengar dengan baik apa yang ibu sampaikan. Anak juga mencerna dan mengingat kosakata yang keluar. Lambat laun, anak akan memahami setiap kosakata dan meyusun kalimat dengan baik.

source: https://family.fimela.com


 

baca juga

Mendekatkan Hubungan Ibu dengan Anak

Membaca dongeng sebelum tidur adalah kesempatan yang baik untuk mendekatkan hubungan antara ibu dan anak atau ayah dan anak. Saat membaca dongeng, anak akan berada dekat atau menempel di samping ibu. Selama membacakan dongeng, anak dapat bertanya, memeluk ibu ataupun hanya sekedar mendengarkan. Selesai membacakan, biasanya sang ibu akan mengucapkan selamat malam, mengecup atau memeluk anak. Aktivitas yang dapat dijadikan pengantar tidur anak ini akan membuat ikatan batin yang erat antara dua orang. Saat-saat seperti inilah yang tidak akan dilupakan anak hingga dewasa.

source: http://seputaribudanbayi.blogspot.co.id


 

Tips Menjadi Pendongeng yang Baik

  • Pilihlah buku sesuai usia anak dengan karakter yang menarik minatnya
  • Pastikan kamu telah membaca terlebih dahulu agar dapat mendalami alur cerita dengan baik
  • Berikan intonasi yang tepat agar dongeng terdengar menarik
  • Mainkan ekspresimu agar anak tidak bosan
  • Sampaikan pesan moral dengan baik dan tekankan pada anak
  • Sampaikan dongeng dengan bahasa yang sederhana agar anak mengerti
source: https://www.bukalapak.com