Penularan
Hepatitis C disebabkan oleh virus HCV. Virus HCV ini ditularkan melalui darah, seperti penggunaan jarum suntik bersama-sama. Barang-barang yang rentan menularkan virus ini juga termasuk guning kuku, alat cukur, glukosa meter, serta jarum untuk pembuatan tato. Selain itu gaya hidup berganti-ganti pasangan dengan bebas juga bisa memperbesar risiko seseorang tertular hepatitis C.
 

source: https://www.valleyvet.com/swatches/44011_L_vvs_000.jpg

Gejala
Penyakit hepatitis C termasuk penyakit asymptomatic atau tanpa gejala yang mudah dikenali. Gejala awal yang umum dialami penderita hepatitis C yakni kelelahan, sakit perut, hingga muntah, sehingga seringkali disalah artikan sebagai gejala penyakit lain yang lebih ringan. Keadaan tanpa gejala atau berciri bias ini berlangsung selama 6 bulan pertama. Jika tidak juga terdeteksi, penyakit hepatitis C bisa berkembang selama bertahun-tahun hingga menjadi kronis dan berakibat fatal. Virus HCV menyerang organ hati, menyebabkan organ tersebut mengalami inflamasi atau pembengkakan, hingga berisiko kematian pada penderitanya.
 

source: https://www.instacarecheckin.com/wp-content/uploads/2018/01/iStock-482745157.jpg
baca juga

Pengobatan
Penyakit hepatitis C memang berbahaya dan bisa membawa kematian, namun belum tentu seluruh individu yang terkena hepatitis C membutuhkan perawatan khusus. Namun ini bisa memungkinkan terjadi pada individu yang sistem imun tubuhnya kuat. Pada kasus-kasus virus HCV yang menyerang orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah tentu diperlukan penanganan lebih seperti obat minum serta terapi khusus.
 

source: http://www.borgenmagazine.com/wp-content/uploads/2014/01/Hepatitis-C.jpg

Pencegahan
Bagaimanapun, lebih baik mencegah daripada mengobati. Hepatitis C lebih sering tercipta karena gaya hidup bebas seperti penggunaan narkoba atau seks bebas. Maka cara yang paling baik untuk mencegah terinveksi virus HCV adalah dengan menjaga pergaulan dan gaya hidup lebih baik lagi, serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.
 

source: https://www.ubs.com/global/en/wealth-management/chief-investment-office/our-research/discover-more/2017/millennials/_jcr_content/opengraphimage.213229999.img/millennials-mobile-1.jpeg