Apa itu cradle crap?
Serpihan seperti ketombe di sekitar kulit kepala dan rambut bayi umumnya bukanlah ketombe, melainkan cradle cap. Wujud cradle cap mudah dikenali, yakni semacam kulit bersisik berwarna putih, kekuningan, atau kecokelatan pada kulit kepala. Kondisi ini amat umum ditemui pada bayi baru lahir hingga usia 3 bulan. Penyebab pasti cradle cap tidak diketahui secara pasti, namun hormon kehamilan pada Moms diduga kuat sebagai asalnya. Selain itu jamur juga bisa menyebabkan cradle cap karena kulit kepala bayi yang lembab.

source: https://www.homenaturalcures.com/wp-content/uploads/cradlecap.jpg

Berbahayakah cradle cap?
Sebenarnya cradle cap tidak terbilang berbahaya dan bisa menghilang sendiri seiring bertambahnya usia bayi. Namun Moms perlu menemui dokter jika cradle cap pada kulit bayi memiliki ciri menyebar di wajah atau tubuh bayi, bayi seperti merasa gatal pada area cradle cap, serta jika Moms sudah berusaha menghilangkannya sendiri di rumah namun tidak berhasil dan selalu muncul kembali.
 

source: http://healthlifemedia.com/healthy/wp-content/uploads/2018/04/Cradle-Cap-1.jpg
baca juga

Bagaimana cara menghilangkan cradle cap?
Walaupun umumnya tidak berbahaya, namun cradle cap dapat mengganggu peampilan bayi. Untuk itu Moms bisa berusaha menghilangkannya sendiri di rumah dengan cara:

  1. Oleskan area cradle cap dengan baby oil atau petroleum jelly
  2. Diamkan selama beberapa menit atau bahkan beberapa jam jika diperlukan
  3. Sikat lembut dengan sikat rambut khusus bayi
  4. Cuci kulit kepala dan rambut dengan shampo bayi berformula lembut

Jangan pernah menggaruknya ya Moms, karena bisa berisiko luka pada kulit kepala bayi yang tipis. Juga, jangan sekalipun mengoleskan obat salep pada area cradle cap tanpa berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu.
 

source: https://www.eumom.ie/Custom/media/baby/Cradle-Cap-Treatment-and-Advice_1.jpg?ext=.jpg

Itulah informasi seputar cradle cap. Semoga bermanfaat ya, Moms!