Perjalanan Tya Mendapatkan Momongan dalam #ivfjourneytyaariestya2

Tidak semua pasangan dapat menjalani proses pembuahan dengan alami. Ada beberapa hal yang membuat pasangan tersebut harus dibantu untuk memiliki momongan. Setelah sukses dengan program bayi tabung untuk anak pertama tahun 2016 lalu, pasangan artis Tya Ariestya dan Irfan Ratinggang mengusahakan proses yang sama untuk program kehamilan anak keduanya.

Awalnya Tya dan Irfan sempat resah karena tidak kunjung hamil pada tahun pertama pernikahan mereka. Pasangan tersebut kemudian memeriksakan diri ke beberapa dokter. Dari hasil serangkaian pemeriksaan, baik cek darah maupun kesuburan, belum ada tanda-tanda Tya hamil. Tya pun dihadapkan pada pilihan Inseminasi atau bayi tabung, dan bayi tabung menjadi pilihan.
 

Perjalanan Tya Mendapatkan Momongan dalam #ivfjourneytyaariestya2
source: https://cdn.popmama.com/content-images/post/20180906/tya-ariestya-edited-0c70d4a27de2950595252e2895769b7c_600xauto.jpg

Program bayi tabung itu dipilih lantaran kondisi hormon Tya tidak menunjang adanya kehamilan, serta kondisi sel telur yang kecil dan mudah pecah. Hal tersebut menyebabkan Tya kesulitan mengalami masa subur. Salah satu cara agar bisa memiliki anak adalah melalui proses pembuahan di luar rahim atau fertilisasi in vitro.

Proses bayi tabung sendiri dilakukan melalui serangkaian tahapan, mulai dari pengambilan sperma terbaik sang ayah, pengambilan sel telur ibu, pengujian laboratorium, hingga pembuahan dan dikembalikan ke rahim ibu. Setidaknya,  proses itu berlangsung selama dua pekan.

Bulan Agustus 2018 lalu, Tya kembali menjalani serangkaian program kehamilan melalui bayi tabung. Tya membagikan cerita perjuangan untuk mendapatkan momongan dengan tagar #ivfjourneytyaariestya2. Kabar kehamilan artis tersebut selalu diupdate di instagram maupun akun media personalnya yang lain. 

Gagal di Proses Bayi Tabung ke Tiga tak Membuat Tya dan Suami Berputus Asa

Meski menjalani serangkaian proses dan terus di awasi oleh tim dokter, namun program bayi tabung tidak selalu berhasil. Tya sendiri menceritakan perjuangan panjang untuk anak ke dua ini. Sebelumnya, Tya pernah mencoba bayi tabung, tapi gagal. Pada saat itu, Tya menyebutkan ada sisa fisik embrio dua miliknya saat proses bayi tabung pertama. Namun, pada saat dimasukkan ke rahim, tidak terjadi kehamilan.
Karena kegagalan tersebut, Tya memutuskan untuk mengulanginya dari awal. Berbagai persiapan Tya dan suami lakukan.

Gagal di Proses Bayi Tabung ke Tiga tak Membuat Tya dan Suami Berputus Asa
source: https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2018/08/23/e956dfeb-3dc0-4d90-993f-fe16cf138e60_43.jpeg?w=780&q=90
baca juga

Persiapan Fisik, Psikis dan Tentu Biaya!

Dua tahun berselang, Tya kembali menyiapkan program bayi tabung ketiganya. Persiapan tersbeut berupa persiapan fisik seperti olah raga, mengubah pola makan dan gaya hidup sehat. Tya mengakui bahwa untuk persiapan kehamilannya yang ke dua ini, ia mengaku telah menyiapkan biaya hingga 100 juta. Biaya ini sudah Tya dan suami persiapkan jauh-jauh hari. 

Dari foto-foto dan cerita yang Tya unggah, Tya berupaya keras menjaga stamina baik dengan cara olah raga, berbagai cek kesehatan untuk mempersiapkan diri, rajin mengonsumsi obat untuk kesehatan dan kesuburan rahimnya, dan terakhir akupuntur khusus untuk persiapan IVF nya. Pokoknya Moms, segala hal Tya lakukan demi menjaga kondisinya tetap prima saat menjalani serangkaian proses bayi tabung.

 

Persiapan Fisik, Psikis dan Tentu Biaya!
source: http://cdn2.tstatic.net/belitung/foto/bank/images/tya-ariestya-dan-kanaka-ratinggang_20180308_095735.jpg

Kebahagian Tya dan Keluarga: Alhamdulillah Aku Positif Hamil!

Tiga kali menjalani proses bayi tabung, tentu memberikan pengalaman berbeda bagi Tya. Pada kehamilan pertamanya, Tya menyebutkan bahwa meskipun usahanya keras dan perjuanganya panjang, tapi Tya tidak mengalami banyak kendala. Namun, untuk proses bayi tabung kali ini, Tya mengakui bahwa perjuanganya lebih berat.

Tya menyebutkan bahwa ia lebih banyak mengonsumsi obat dibandingan dulu. Dosis obat yang lebih tinggi, suntikan yang lebih sering membuat Tya mudah lelah dan mengalami ketidakstabilan emosi. 
Soal biaya, diakui Tya juga lebih mahal. Jika untuk anak pertamanya, Kanaka, Tya menghabiskan biaya sekitar 60 juta, kali ini Tya diperkirakan merogoh kocek sebesar 100 juta. Tapi hal ini tidak menjadi soal. Usaha tidak akan menghianati hasil, Tya akhirnya dinyatakan postitif hamil! 
Kebahagian Tya dan Keluarga: Alhamdulillah Aku Positif Hamil!
source: http://cdn3.tstatic.net/jualbeli/img/njajal/2018/9/Kembali-Lakukan-Program-Bayi-Tabung--Segini-Biaya-yang-Harus-Dikeluarkan-Tya-Ariestya-untuk-Hamil-Anak-Kedua-master-788101531.jpg
baca juga

Meski begitu, kehamilan Tya masih harus menjalani serangkaian proses pemeriksaan. Nah Moms, semoga Tya dan sang jabang bayi sehat selalu ya. Semoga cerita artis Hamil kali ini bisa menjadi inspirasi bagi Moms yang ingin cepat momongan, semangat ya dan jangan pernah menyerah, Moms!