Apa itu asam folat dan apa manfaatnya?
Asam folat merupakan vitamin B yang larut dalam air. Asam folat merupakan bentuk sintetis dari folat alami yang biasa terkandung dalam makanan. Manfaat yang dihasilkan asam folat amat banyak, termasuk mencegah dan mengatasi anemia, penyakit hati, gangguan ginjal, kanker, stroke, alzheimer, meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi, dan lain-lain. Khusus untuk ibu hamil, asam folat bermanfaat untuk mencegah terjadinya cacat janin dan menghindari keguguran.

source: https://cdn-a.william-reed.com/var/wrbm_gb_food_pharma/storage/images/5/9/6/2/762695-1-eng-GB/When-should-pregnant-women-take-folic-acid_wrbm_large.jpg

Apa saja sumber asam folat?
Asam folat dapat diasup melalui suplemen. Selain itu, secara alami folat juga bisa ditemukan dalam sayuran hijau seperti bayam dan brokoli, asparagus, buah-buahan seperti pisang dan melon, kacang-kacangan, jamur, seafood, serta daging sapi.
 

source: https://comefruta.es/wp-content/uploads/brocoli.jpg
baca juga
Selain manfaat, adakah efek samping asam folat?
Asam folat memang penuh manfaat. Namun, mengonsumsi asam folat tidak boleh sembarangan dan berlebihan. Asam folat bisa mendatangkan bahaya jika diasup dalam dosis tinggi dan jangka waktu yang lama. Dalam dosis tinggi, asam folat berisiko menimbulkan ruam pada kulit, diare, mual, kejang, kebingungan, hingga perubahan perilaku. Tak hanya itu, asam folat yang berlebihan sekitar 800 hingga 1200 mcg per hari juga bisa menimbulkan serangan jantung yang berujung kematian. Ibu hamil dan menyusui yang ingin mengasup asam folat juga sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter. Jumlah asam folat yang terbilang aman untuk ibu hamil dan menyusui yakni sebanyak 300-400 mcg per harinya.
source: http://babymall.my/image/cache/data/Folic-Acid-For-Pregnanacy-818x479w.jpg
Adakah tips mengonsumsi asam folat untuk ibu hamil?
Kecacatan bisa terjadi pada janin di usia 3 hingga 4 minggu pertama kehamilan. Sebaiknya Moms yang merencanakan kehamilan mulai mengasup asam folat sebulan mulai hamil. Moms juga bisa mengasup asam folat melalui susu yang dirancang khusus untuk ibu hamil. Jumlah asam folat yang dibutuhkan ibu hamil juga jumlahnya berubah sesuai usia kehamilan. Maka jika Moms diberikan suplemen asam folat tertentu oleh dokter, jangan langsung membelinya kembali setelah habis karena bisa saja kebutuhan asam folat sudah berubah kadarnya. Sebaiknya Moms selalu berkonsultasi dengan dokter.