Awasi Anak Moms, Ini Bahayanya Jika Terlau Sering Memakai Earphone!
source: https://swara.tunaiku.com/

Ketika ingin mendengarkan musik ataupun audio lainnya di tempat umum, tentunya kita membutuhkan earphone. Earphone seperti sudah menjadi barang yang wajib dibawa bersamaan dengan handphone. Selain untuk menjaga privasi dan supaya nggak mengganggu orang disekitar kita, penggunaan earphone juga berguna untuk mendapatkan kualitas suara yang lebih jernih.

Menggunakan earphone memang banyak manfaatnya, tapi ternyata ada juga lho bahanyanya. Sebagian besar resiko menggunakan earphone terlalu sering dan terlalu lama ini menyerang kesehatan telinga. Berikut adalah 7 bahaya terlalu sering menggunaan earphone yang harus Moms dan keluarga tahu!

Awasi Anak Moms, Ini Bahayanya Jika Terlau Sering Memakai Earphone!
source: http://www.dailymail.co.uk/

1. Ear Fatigue
Resiko pertama bagi kesehatan dari penggunaan earphone terlalu lama adalah telinga yang kelelahan atau ear fatigue. Gejalanya adalah kamu akan merasakan perih dan sakit pada daun telinga. Kondisi ear fatigue ini disebabkan oleh telinga yang menerima terlalu banyak stimulus dari suara secara terus-menerus.

2. Pendengaran Menurun
Kebiasaan menggunakan earphone terlalu lama juga bisa membuat pendengaran menurun. Biasanya hal ini nggak disadari, kecuali jika memeriksakan diri ke dokter. Sering kali kita menggunakan earphone dengan volume suara yang sangat tinggi, sehingga terjadi gangguan pada saluran pendengaran yang menyebabkan kinerjanya menurun.

3. Kuman Masuk ke Telinga
Sering kali kita menaruh earphone di udara terbuka, lebih sering menggunakannya di luar ruangan, dan nggak terpikirkan untuk membersihkannya. Hal ini membuat earphone dihinggapi banyak kuman. Ketika kamu semakin sering dan semakin lama menggunakan earphone, maka semakin besar kemungkinan kuman akan masuk ke dalam telinga dan bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan telinga.

baca juga

4. Menurunkan Kinerja Otak
Salah satu efek dari penggunaan earphone adalah adanya paparan gelombang elektromagnetik. Paparan gelombang ini dalam intensitas yang tinggi dan jangka waktu yang lama bisa merusak sel-sel pada otak. 

5. Telinga Mendengung
Perubahan tekanan udara di sekitar kita biasanya akan menyebabkan telinga mendengung. Hal ini juga bisa kita rasakan ketika menggunakan earphone terlalu lama. Tentunya telinga yang mendengung ini akan mengganggu pendengaran dan bisa mengganggu tumbuh kembang anak.

6. Tak Peduli Lingkungan Sekitar
Bahaya yang satu ini memang nggak berhubungan dengan kesehatan. Tapi tetap perlu kita perhatikan. Menggunakan earphone terkadang membuat kita nggak memperhatikan keadaan sekitar. Tentunya hal ini juga akan mengganggu orang-orang yang ada di sekitar kita karena merasa terganggu dengan sikap kita yang tak acuh.

7. Meningkatkan Kemungkinan Kecelakaan
Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, ketika kita nggak memperhatikan apa yang ada di sekitar kita, resiko kecelakaan pun meningkat. Sudah banyak yang membuktikan bahayanya menggunakan earphone ketika sedang berjalan ataupun berkendara. Kita menjadi lebih fokus pada suara yang sedang kita dengarkan dibandingkan dengan jalanan dan keadaan sekitar yang seharusnya diperhatikan.

Awasi Anak Moms, Ini Bahayanya Jika Terlau Sering Memakai Earphone!
source: https://www.shutterstock.com/

Tips sehat menggunakan earphone


Supaya Moms dan keluarga  terhindar dari resiko di atas, berikut adalah tips kesehatan dalam menggunakan earphone:

1. Tips kesehatan pertama adalah menggunakan earphone dengan volume sewajarnya saja. Usahakan masih bisa mendengar suara disekitarmu.

2. Tips sehat selanjutnya, rajinlah untuk membersihkan earphone secara berkala agar tak menjadi sarang kuman.

3. Jangan menggunakan earphone ketika sedang tidur. Selain tak baik mendengarkan suara sambil tidur, kabel earphone juga seringkali tanpa seadar bisa melilit leher.

4. Gunakan earphone seperlunya saja. Jika ingin mendengarkan musik atau audio lainnya di dalam rumah atau kamar, lebih baik gunakan speaker biasa saja.

Artikel dari: http://beautynesia.id/24831