Apa itu HPV?
HPV merupakan singkatan dari human papillomavirus yang banyak menyerang wanita. Tidak hanya terdiri dari 1 jenis, HPV beragam jenisnya. Salah satu gangguan kesehatan yang paling sering disebabkan oleh HPV yakni kutil pada kulit di sekujur tubuh hingga pada kulit kelamin. Namun ada juga HPV 16 dan HPV 18 yang berpotensi menimbulkan kanker serviks bagi wanita. Sekitar 70% kasus kanker serviks yang terjadi di dunia disebabkan oleh kedua jenis HPV tersebut. 
 

source: https://us.123rf.com/450wm/drmicrobe/drmicrobe1511/drmicrobe151100364/48858468-human-papillomavirus-type-16-which-causes-cancer-of-cervix-of-uteri-on-colorful-background-hpv-a-mod.jpg?ver=6

Apa itu kanker serviks?
Kanker serviks adalah kanker yang menyerang sel-sel di leher rahim. Umumnya kanker serviks tidak menunjukkan gejala apapun hingga kanker menyebar. Moms patut lebih berwaspada jika mengalami:

  • Pendarahan vagina yang tidak beraturan, dari segi volume dan waktu, di luar masa menstruasi.
  • Keputihan yang berbau busuk, berwarna, serta bercampur darah.
  • Nyeri di area panggul.
  • Nyeri saat berhubungan seksual.
source: http://www.healthiestalternative.com/wp-content/uploads/2015/10/cervical-cancer1.jpg
baca juga

Adakah yang bisa dilakukan untuk mencegah terkena HPV?
HPV bisa menular melalui kontak langsung pada kulit atau hubungan seksual. Selain selalu menjaga kebersihan kulit, melakukan seks aman, dan tidak berganti-ganti pasangan, Moms juga bisa melakukan vaksin HPV. Terdapat beberapa fakta vaksin HPV yang perlu Moms tahu:

  1. Vaksin HPV dapat diberikan pada anak usia 9-13 tahun dengan beberapa kali dosis.
  2. Tidak ditemukan bukti apapun yang menguatkan bahwa vaksin HPV mendatangkan menopause dini.
  3. Vaksin HPV tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.
  4. Walau sudah melakukan vaksin HPV, papsmear tetap perlu dilakukan bagi wanita yang sudah menginjak usia 21 tahun atau sudah aktif secara seksual.
  5. Laki-laki di bawah usia 26 tahun juga perlu diberi vaksin HPV.
source: https://d2v4vjmuxdiocn.cloudfront.net/wp-content/uploads/2016/01/Is-the-HPV-Vaccine-Cervical-Cancer-Prevention.jpg