Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Tidur dalam keadaan gelap memiliki manfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh anak. Seorang ahli biologi, Joan Robert, mengatakan bahwa tubuh akan mampu memproduksi hormon melatonin secara maksimal saat seseorang beristirahat dalam kondisi ruangan yang gelap.

Hormon melatonin adalah salah satu hormon yang berperan dalam menjaga kekebalan tubuh sehingga mampu mencegah berbagai penyakit, termasuk diantaranya mencegah berkembangnya sel kanker. Sebaliknya, tidur dengan lampu terang menyala di malam hari akan menyebabkan terhentinya produksi hormon melatonin.

source: http://ayokesehatan.blogspot.com


 

baca juga

Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Manfaat mematikan lampu saat tidur di malam hari juga diteliti oleh para Ilmuan asal Inggris. Dari hasil penelitian, para Ilmuan menemukan bahwa cahaya lampu yang terang pada malam hari dapat memicu aktivitas dan ekpresi berlebihan pada sel-sel yang kemudian dapat berperan dalam pembentukan sel kanker.

source: https://detoxyourbody.co

Sebuah konferensi leukimia pada anak yang diadakan di London juga menyatakan bahwa orang dapat terjangkit kanker jika terlalu lama terbiasa tidur dengan lampu menyala saat tidur di malam hari. Konferensi tersebut juga menyatakan bahwa anak yang tidur dengan lampu menyala terang akan sangat beresiko mengidap leukemia.


 

Mengurangi Rewel Pada Anak

Selain kesehatan fisik tubuh, tidur dalam keadaan gelap juga dapat menenangkan jiwa dan pikiran seseorang. Untuk orang dewasa, tidur dengan lampu yang dimatikan dapat mengurangi tingkat depresi. Sedangkan untuk anak-anak, tidur di dalam ruangan yang gelap akan mengurangi rewel pada mereka.

Hal ini disebabkan tidur dengan mematikan lampu dapat memberikan kondisi yang nyaman dan rileks untuk tubuh saat tidur. Sehingga, tubuh dan pikiran akan secara utuh berada dalam kondisi sepenuhnya beristirahat.

source: http://www.jurnalhajiumroh.com


 

baca juga

Memaksimalkan Proses Detoksifikasi Tubuh

Tidur dalam keadaan gelap juga dapat bermanfaat dalam memaksimalkan proses detoksifikasi tubuh, yaitu proses menetralisir toksin atau racun dalam tubuh. Proses ini, dilakukan oleh organ hati yang prosesnya hanya dapat maksimal jika seseorang dapat tidur dengan tenang dan berkualitas.

source: http://caraterbaikmengobatipenyakit.blogspot.com


 

Meningkatkan Kualitas Tidur Anak

Terakhir, manfaat tidur dalam keadaan gelap adalah untuk meningkatkan kualitas tidur. Pada dasarnya, tidur yang berkualitas tidak hanya mengistirahatkan badan, tetapi juga mengistirahatkan seluruh organ dalam tubuh. Sinar cahaya lampu yang menyala saat tidur dapat membuat kualitas tidur menjadi kurang, sebab sinar yang menyala dapat merangsang stimulator kerja otak.

Secara ilmiah, mekipun dalam keadaan mata terpejam, cahaya yang menyala saat seseorang tidur tetap dapat menembus hingga ke bagian mata. Hal ini yang menyebabkan otak tetap berfungsi dan merespon cahaya disekitarnya.

source: http://www.sheknows.com


Nah, itulah lima manfaat membiasakan anak untuk tidur dalam gelap. Agar anak terbiasa dan tidak takut, kamu dapat memberikan lampu tidur yang lucu untuk menemani tidurnya. Kemudian, pastikan kamu mematikan lampu tidurnya setelah si anak tidur dengan nyenyak.