Apa Itu Baby Blues?

Bagi ibu muda, menantikan kelahiran anak pertama tentu sangat menyenangkan. Menjadi ibu, membuatmu bersemagat untuk menjalani hari-hari, Kamu bahkan berpikir untuk merayakan kebahagiaan itu dengan keluarga maupun teman. Tapi alih-alih merayakan, Moms merasa ingin menangis, kecemasan dan keengganan. Kamu mungkin tidak mengharapkannya Moms, tetapi depresi ringan atau kecemasan dan perubahan suasana hati adalah umum pada ibu baru — begitu umum, pada kenyataannya, bahwa hal itu memiliki nama sendiri: baby blues. Umumnya, ini akan mulai dalam beberapa hari pertama setelah melahirkan, memuncak sekitar satu minggu, dan  pada akhir minggu kedua postpartum.

Apa Itu Baby Blues?
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTU66PV7qk0SNi6RxKxsCyx5RLfl8fLOXbX-Ae0KxwewcSpESHw

Berikut ciri-ciri yang biasanya tampak pada ibu yang mengalami baby blues syndrome: 
 

baca juga

Merasa Bosan, Sedih dan Lelah

Kelahiran anak tentu membawa perubahan bagi diri Ibu. Ibu dituntut untuk menyerahkan sebagian besar waktunya untuk merawat dan mengasuh bayi serta mengurus rumah tangga. Hal ini tentu sangat merepotkan, apalagi jika tidak ada orang yang membantu Ibu untuk mengurus semuanya.  

Efeknya ibu mengalami kelelahan yang luar biasa, kurang istirahat, ingin tidur tapi tidak bisa tidur, bahkan insomnia. Akibatnya ibu pun bisa mengalami penurunan konsentrasi, memilihi rasa mudah marah dan tidak tahu harus berbuat apa saat bayi yang semula manis kini rewel dan menangis tiada henti. Segala cara sudah ibu lakukan, tapi si bayi tak kunjung tenang. 
Alhasil, ibu ikut-ikutan sedih bahkan menangis. Rasa kecewa atau kesal bercampur aduk karena segala upaya yang sudah dilakukan ternyata tak membuahkan hasil seperti yang diharapkan.
 

Merasa Bosan, Sedih dan Lelah
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRk8DuhcFi3gMJ9ZFFIL7gvhfBM80dOSuKeVmDwuiV_1u0dasjs

Perasaan Mudah Marah dan Lebih Sensitif tanpa Penyebab Pasti.

Menjadi Ibu baru dengan pengalaman yang minim, terkadang membuat Moms menjadi serba salah. apalagi saat Moms menyadari bahwa Moms tidak bisa merawat bayi sebagai mana mestinya padahal Moms sudah berusaha sekuat tenaga. Saat si kecil sering muntah atau meangis karena merasa tidak nyaman, Moms malah memarahi si kecil padahal Moms sadar bahwa hal tersebut bukanlah salahnya.

Di sisi lain, suami maupun orang terdekat Moms bingung mengapa Moms menjadi lebih sensitif. Jika biasanya Moms tidak terlalu menghiraukan perkataan orang, Moms akan sangat tersinggung jika ada orang yang mengomentari segala sesuatu tentang bayi Moms atau cara Moms mengasuh. Apalagi, Jika Moms menganggap tidak ada seorangpun yang dapat membatu menyelesaikan masalah Moms. Moms bisa saja menangis tiba-tiba, atau marah tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas. 

Perasaan Mudah Marah dan Lebih Sensitif tanpa Penyebab Pasti.
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRqTNqnh7MmQojlm-s7tb2QHkUka5xLBjVNaIEz18mTzv6pUxY-MA
baca juga

Timbul Perasaan Cemas, Terasing dan Malu

Banyak hal yang membuat Moms mendadak cemas. Cemas tidak bisa menjadi Ibu yang baik, cemas karena kesalahan cara menyusui, cemas karena di cap sebagai Ibu yang tidak berusaha keras saat proses persalinan, bahkan sampai kecemasan berpisahnya sang anak dengan Moms atau perasaan cemas berlebih terhadap masa depan anak.

Perasaan malu dan terasingi juga kerap hinggap pada ibu yang mengalami baby blues. Ibu merasa tidak percaya diri bertemu banyak orang. Ibu merasa tidak layak disebut sebagai ibu yang baik, apalagi saat ibu harus sendirian mengurus anak dan rumah tangga penuh waktu. Tentu ada perasaan terasing dari lingkungan luar. 

Timbul Perasaan Cemas, Terasing dan Malu
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQzoGxw50_J1BBGH9p235Kra8WtwSgjg-_swLy2PCb3eABKePbDvw

Perasaan-perasaan ini kerap diperparah saat ibu mengalami kejadian yang tidak "seharusnya" meurut sebagian orang, seperti persalinan yang dilakukan melalui operasi, adanya trauma pasca melahirkan, maupun tuaian komentar orang-orang sekitar tentang apa yang dialami ibu termasuk bagaimana ibu merawat dan mengasuh si Kecil.