1. Persiapkan Semangat Anak 
Beberapa hari menjelang hari wisata Moms bisa mulai menginformasikan pada si kecil tentang kegiatan traveling yang akan dijalani bersama. Banyak yang bisa dibicarakan, mulai dari sarana transportasi apa yang akan digunakan dan bagaimana situasi perjalanan yang akan terjadi, mengenai destinasi wisatanya sendiri, hingga pengetahuan baru apa saja yang akan didapatkan si kecil dari kegiatan traveling tersebut. Pembicaraan ini akan membangun semangat si kecil akan kegiatan traveling tersebut sehingga ia akan selalu gembira dan tidak rewel selama berlibur. 
 

source: https://www.kz-rv.com/vacation-planner/images/KZ-RV-Vacation-Planner-Traveling-with-Kids.jpg

2. Manfaatkan Stimulasi di Perjalanan
Jangan sia-siakan perjalanan yang penuh stimulasi penuh manfaat bagi si kecil. Suasana bandara, pengumuman dari pengeras suara, papan penunjuk jadwal keberangkatan, suara kereta api, jumlah deretan gerbong kereta api, angin laut di dek kapal laut, berbagai gambar papan penunjuk lalu lintas, dan lain-lain bisa menjadi kegiatan belajar yang menyenangkan untuk anak. Lakukanlah kegiatan bermain sambil belajar ini hingga anak lelah dan tertidur dengan sendirinya. 
 

source: https://i1.wp.com/www.thebraininjane.com/wp-content/uploads/2018/05/traveling_with_kids.jpeg?resize=750%2C410
baca juga

3. Fokus pada Keluarga, Bukan pada Ponsel
Sering-sering mengunggah foto liburan ke media sosial memang menyenangkan. Namun jangan lakukan ini terlalu sering. Fokuslah pada keluarga dan kegiatan liburan yang sedang dilakukan bersama. Moms dan Dads tidak setiap hari memiliki waktu berlibur bersama dengan anak, bukan? Manfaatkanlah waktu wisata bersama ini sebagai quality time yang benar-benar terjaga.  
 

source: http://cashmereclutch.com/wp-content/uploads/2013/07/Greece.jpg

4. Kontak darurat
Tubuh dan kesehatan si kecil biasanya lebih rentan jatuh sakit dibandingkan orang dewasa. Untuk berjaga-jaga, tak ada salahnya jika Moms dan Dads mencari tahu terlebih dahulu daftar rumah sakit, klinik, atau tempat praktek dokter terdekat dari lokasi liburan. Catat lengkap alamat dan nomor kontaknya. Lebih baik berjaga-jaga sebelum terjadi hal-hal yang tak diinginkan. 
 

source: http://healthsaathi.com/images/timeline-1.jpg