Siapkan Wadah Sebagai Tempat Mandi

Hal pertama yang perlu kamu siapkan adalah wadah tempat memandikan bayi. Wadah ini sangat penting untuk membantu kamu menjaga posisi bayi saat dimandikan. Kamu dapat menggunakan bak mandi khusus bayi atau orang dewasa. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan wastafel dapur. Wastafel dapur biasanya lebih digemari karena kamu akan lebih mudah memandikan tanpa harus duduk atau berjongkok. Jika kamu memandikan bayimu di wastafel, pastikan kamu telah menutup keran dan meletakkan handuk atau busa lembut pada bagian bawahnya.

source: https://www.pinterest.com


 

Gunakan Air Hangat

Setelah kamu menyiapkan wadah tempat bayimu mandi, mulailah mengisinya dengan air hangat. Pastikan suhu air yang digunakan adalah sekitar 32,2-37,8 derajat. Setelah itu, aduk air dengan tangan agar suhu hangat air untuk mandi bayi tersebar merata.
source: https://www.shutterstock.com


 

baca juga

Perhatikan Posisi Bayi

Saat akan memasukkan bayi ke dalam wadah, pastikan kamu memposisikan bayi dengan baik dan benar. Pertama, gunakan satu tangan untuk menyangga punggung, kepala, dan leher bayi. Pastikan tanganmu sejajar dengan punggung bayi. Jika posisinya sudah pas, pertahankan posisi dengan lembut, kemudian masukkan bayi perlahan ke dalam wadah. Pertahankan posisi menyangga punggung, leher, dan kepala bayi dengan satu tangan saat memandikan bayi, sedangkan tangan yang lain digunakan untuk membersihkan bayi.

source: https://www.boldsky.com


 

Membersihkan Area Mata Bayi

Untuk membersihkan area sekitar mata bayi, gunakanlah cotton pad yang telah dibasahi dengan air hangat yang bersih. Usapkan cotton pad pada area mata dengan lembut. Perhatkan cara mengusapkan cotton pad, yaitu dimulai dari sudut dalam mata menuju ke arah luar. Perhatikan juga daerah sensitif lain seperti sekitar mulut, hidung, dan seluruh wajah bayi. Kamu dapat membersihkannya dengan handuk lembut yang sudah dibasahi dengan air hangat. Tak lupa juga lipatan di leher dan area belakang telinganya.

source: http://maspionplastic.com


 

baca juga

Membersihkan Area Popok Bayi

Area popok atau sekitar selangkangan dan kelamin adalah area yang dibersihkan terakhir. Untuk bayi perempuan, kamu dapat membersihkan area kelamin hingga anus dengan mengusapkan air hangat dari depan ke belakang. Sedangkan untuk bayi laki-laki, bersihkan area kelamin dan anus juga dibersihkan dengan mengalirkan air dan mengusap dari depan ke belakang. Jika bayi laki-laki kamu belum disunat, jangan menarik bagian kulit penis ke arah belakang. Setelah dibersihkan, pastikan area popok kering agar tidak lembap saat menggunakan popok.

source: https://www.kotametro.com

Nah, itulah langkah penting yang harus kamu perhatikan dalam hal perawatan bayi seperti saat memandikan bayi. Pastikan air yang kamu gunakan tidak langsung mengalir dari keran ya agar suhunya dapat kamu periksa terlebih dahulu. Semoga bermanfaat, ya!