Penyebab Baby Blues Syndrome

Para ahli menganggap baby blue syndrom disebabkan oleh perubahan hormon pasca melahirkan. Perubahan hormon ini akan sangat mempengaruhi perasaan Ibu. Ibu baru juga dihadapkan pada kondisi kelelahan akibat kurang tidur, stress dan kondisi kelahiran yang tidak sesuai ekspektasi.

Ibu mungkin pula mengalami kesulitan menyusui, yang membuat perasaan semakin buruk. Demikian pula dengan masalah eksternal dari diri Ibu yang membuatnya stress selama kehamilan dan sesudah kelahiran. Meskipun banyak terjadi, namun ibu maupun keluarga harus segera mengatasi permasalahan ini sebelum berlarut-larut dan menyebabkan perasaan tersiksa yang berkepanjangan. 

Berikut Cara Mengatasi Baby Blues Syndrome:
 

Lakukan Persiapan Melahirkan baik Fisik, Emosional dan Materiil.

Hal pertama yang perlu dilakukan Ibu sebelum kelahiran adalah persiapan fisik seperti mempersiapkan kondisi tubuh supaya prima saat sebelum, atau sesudah proses persalinan. Ibu bisa melakukan olah raga ringan dan mengonsumsi makanan sehat. Selain persiapan fisik, ibu juga mempersiapkan materi. Baik dari segi finansial maupun kebutuhan fisik pasca persalinan. 
Nah yang tidak kalah penting adalah persiapan emosional. Stress, rasa cemas dan takut akan mempengaruhi kondisi fisik maupun emosional Ibu pasca kelahiran. Banyak penelitian menyebutkan, saat bayi lahir bisa lebih baik menjalin ikatan lahir batin dengan ibu yang tenang.

Lakukan Persiapan Melahirkan baik Fisik, Emosional dan Materiil.
source: https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQl9fXRnCNKvws1LNf0MVQJbrArrbo1x9keN6tZYm528xd0e8j7gjseLWmFiA
baca juga

Mengikuti Kelas Persalinan dan Komunitas Ibu

Sebelum persalinan, para ibu khususnya Ibu baru tentu membutuhkan informasi pra persalinan. Agar infomasi yang didapatkan tepat dan benar, maka ibu perlu bergabung dengan kelas persalinan. Biasanya, ibu akan dilatih untuk mempersiapkan kelahiran baik dari segi fisik maupun psikis. Ibu juga memiliki sharing partner yang tepat saat ingin menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan kelahiran.

Selain persiapan kelahiran, menyusui juga menjadi salah satu pemicu baby blues syndrome. Seringkali ibu baru mengalami masalah saat menyusui dan mengakibatkan perasaan tertekan. Padahal, ibu perlu belajar banyak hal agar dapat lancar menyusui maupun bisa mengatasi masalah menyusui dengan tepat. Salah satu caranya adalah bergabung dengan komunitas menyusui.

Mengikuti Kelas Persalinan dan Komunitas Ibu
source: https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSv5W-uGFwT4PdrIfoJYpm2rY_AVWz8rk1QHDQPPcXpDwn7OITGnqvEXtNayA

Bicarakan dengan Dokter maupun Orang Terdekat

Bicarakan dengan dokter tentang apa saja kekhawatiran ibu. Manfaatkan waktu konsultasi kamu Moms. Profesional kesehatan bisa mendeteksi tanda-tanda depresi yang mungkin tidak ibu pernah sadari. Dengan demikian, bisa membantu ibu mengendalikan gejala depresi sebelum meluap tanpa kendali.

Selain dokter, Moms juga perlu menyatakan kekhawatiran yang dirasakan pada suami atau keluarga terdekat. Komunikasikan apa yang Moms butuhkan, misalkan bantuan fisik, waktu sendiri sampai pelukan. Dengan adanya dukungan penuh suami, Moms akan lebih percaya diri saat merawat si kecil.

Bicarakan dengan Dokter maupun Orang Terdekat
source: http://i42-cdn.woman.ru/womanru/images/article/d/8/img_d80acd4d7b1118968f052635cf0ba0ba_2_478x500.jpg?02
baca juga

Penuhi Waktu Istrihatat dengan Cukup

Merawat bayi membutuhkan tenaga ekstra. Banyak ibu baru yang mengeluh kurang tidur dan istirahat. Ambilah waktu istirahat ketika si kecil tidur. Jika memungkinkan, mintalah bantuan orang terdekat seperti suami atau orang tua untuk menjaga si kecil beberapa saat, sementara Moms istirahat atau mengambil waktu sejenak untuk diri sendiri.
Penuhi Waktu Istrihatat dengan Cukup
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTlHi2s-q5dTAq06EV0KqvEjZOoW8OCIrhS9mM2bFItvsl-HhyH

Nah Moms, selamat mempersiapkan diri menjelang hari kelahiran ya. Semoga semua berjalan lancar sehingga Moms bisa segera mengatasi perasaaan cemas berlebih pasca kelahiran sebelum menjadi baby blues syndrome.