Amerika Serikat

Ketahui Potty Training Dari Berbagai Negara Yuk, Moms!
source: https://www.chicagoparent.com/

Di Amerika Serikat potty training sudah diajarkan sejak usia anak 18 bulan. Namun, seperti yang dijelaskan dalam surat kabar yang diterbitkan di sana yang merekam jejak studi mengenai potty training dari tahun 1960 sampai 2007 mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Pada tahun 1974 potty training diterapkan pada usia 33 bulan, sedangkan memasuki tahun 1980 pengenalan potty training ini diterapkan bervariasi usia anak.

Pada akhirnya American Academy of Pediatrics menyatakan bahwa tidak ada batasan usia dalam pengenalan potty training. Hal tersebut dikarenakan kembali lagi pada kesiapan si kecil ya Moms. Secara fisiologis sebenarnya anak sudah siap pada usia 18 bulan, tapi secara kognitif Ia belum siap sepenuhnya.

Kenya

Ketahui Potty Training Dari Berbagai Negara Yuk, Moms!
source: https://articulo.mercadolibre.cl/

Wah Moms tahu nggak. ternyata orang tua di Kenya mengenalkan potty training sedari dini, bahkan mereka tidak biasa membelikan pampers dari sejak lahir. Seperti yang dikatakan dalam sebuah jurnal kesehatan pada tahun 1977 di Msambweni, Kenya, para ibu mengawasi anak setelah makan dan tidur siang memerhatikan tanda-tanda anak buang air kecil ataupun besar, sesuai yang dilansir dari mommiesdaily.com, para ibu akan duduk dengan kedua kakinya lurus di depannya dan meletakkan bayi di antara kedua kakinya, di dekat lututnya, dengan bayi yang menghadap jauh dari sang ibu. Selanjutnya, Ibu akan membuat suara “shuus” atau desis saat bayi kencing. Nah, hasil dari mendidik anak dengan metode pelatihan seperti ini, harapan besarnya anak sudah bisa buang air kecil setidaknya 4 sampai 5 bulan lho Moms. Wah, luar biasa cepat ya Moms.

baca juga

Vietnam

Ketahui Potty Training Dari Berbagai Negara Yuk, Moms!
source: https://babycenter.com/

Hampir sama dengan Kenya, di Vietnam juga memercayakan buang air kecil dan besar si kecil pada ekspresi wajah. Jadi, sejak si kecil lahir para ibu sudah mempelajari bagaimana ekspresi anak saat hendak buang air, bagaimana anak menendang dan menangis. Mereka sangat jarang memaikan pospak atau pampers pada anak-anaknya.

Menginjak usia 9 bulan para ibu di Vietnam mulai mendidik anak dengan metode buang air pada waktu-waktu tertentu. Uniknya mereka menggunakan teknik siul, jika mereka ingin bayi mereka melakukannya setelah diberi makan atau tidur siang, mereka menggunakan suara bersiul untuk memberikan isyarat agar si kecil buang air kecil atau buang air besar. Kemudian mereka akan berhenti melakukan metode ini setelah si anak benar-benar tidak lagi harus diingatkan untuk buang air di kamar mandi, biasanya di Vietnam anak lulus potty training dengan metode tersebut pada usia dua tahun.

Turki

Ketahui Potty Training Dari Berbagai Negara Yuk, Moms!
source: https://huffingtonpost.com/

Ada yang lebih unik Moms, pelatihan potty training pada anak tergantung dengan berapa uang yang dimiliki keluarga kita. Makin rendah tingkat pendidikan dan pendapatan orangtua, maka pelatihan potty training juga akan semakin lama. Biasanya usia potty training di Turkey dilakukan pada usia 16 - 24 bulan, tapi ya itu tadi Moms tergantung pada ekonomi dan pendidikan kita. Wah, ternyata, latar belakang budaya masing-masing negara menjadikan potty training yang berbeda-beda, ya!