Sama halnya dengan mitos mengoles alis bayi dengan air ludah agar memiliki alis yang tebal, menggunting bulu mata bayi agar lentik pun adalah sebuah mitos. Hal yang perlu diketahui mengoles alis bayi dengan air ludah malah akan membuat alis bayi rontok karena paparan kuman. Sedangkan kelentikan bulu mata bayi menurut Dr. Natalie Epton, dokter spesialis anak dan ahli neonatologi dari International Paediatric Clinic, kelentikan bulu mata bayi tergantung pada nutrisi yang dikonsumsi bayi dan faktor keturunan.

Menggunting Bulu Mata Bayi Bisa Membuat Jadi Lentik Ternyata Mitos, Lho!
source: https://vemale.com/

Tak hanya mitos Moms, ternyata menggunting bulu mata bayi juga berisiko tinggi lho. Jika kita menggunting bulu mata bayi terlalu pendek bisa menyebabkan fungsi dari bulu mata bayi tidak bekerja. Apalagi, seperti yang kita ketahui bahwa bulu mata berfungsi sebagai pelindung mata dari masuknya benda asing yang membahayakan kesehatan mata.

Meskipun secara alami bulu mata yang kita gunting akan tumbuh kembali, namun pertumbuhannya tidak akan sama, hal ini merupakan siklus alami dari pertumbuhan bulu mata. Jadi, alangkah lebih baiknya jika Moms menghindarinya. Jadi Moms tak usah resah ingin si kecil memiliki bulu mata lentik, karena semua itu hanyalah mitos dan pertumbuhan bulu mata bayi tergantung dari nutrisi yang dikonsumsi dan faktor keturunan.

Menggunting Bulu Mata Bayi Bisa Membuat Jadi Lentik Ternyata Mitos, Lho!
source: https://today.line.me/

Sebenarnya jika pun Moms terlanjur menggunting bulu mata si kecil selama tidak terlalu pendek tidak akan ada masalah atau efek samping yang didapat setelah menggunting bulu mata. Pastikan juga  untuk memotong bulu mata bayi hanya pada bagian ujung-ujungnya saja, karena seperti tadi yang dijelaskan bulu mata ini juga memiliki fungsi mencegah masuknya kotoran atau benda asing menuju mata.

Tapi, tetap ya Moms jika setelah bulu mata digunting menjadi lentik sebenarnya itu bukan karena digunting, tapi karena nutrisi yang dikonsumsi bayi terpenuhi dan faktor keturunan. Jadi menggunting untuk melentikkan bulu mata itu hanya mitos ya Moms. Jadi, jika ingin bayi memiliki bulu mata lentik, pastikan asupan nutrisi Moms selama hamil dan menyusui tercukupi ya, tentunya tak perlu melakukan cara tersebut untuk melentikkan bulu mata si kecil.