Kala 1

Luar Biasa! Berikut 4 Tahap Persalinan Normal yang Bikin Kita Terharu Lho Moms!
source: https://merdeka.com/

Tahap melahirkan ini merupakan tahap awal persalinan normal dimulai. Pematangan dan pelebaran mulut rahim hingga 10cm untuk jalan lahir terjadi pada tahap ini. Dalam tahap ini terjadi dalam dua fase. Fase laten, pada fase ini pembukaan 0-3cm dimulai, Moms mulai merasakan mulas yang belum terlalu kuat , bahkan biasanya Moms keluar darah bercampur lendir. Fase kedua adalah fase aktif, pada fase ini terjadi ketika pembukaan 3cm dan melebar hingga 10cm, rasa mulas yang Moms rasakan pada fase ini semakin kuat dan frekuensi mulasnya pun semakin meningkat setiap 10 menit terjadi 2-4 kali berlangsung sekitar 60-90 detik. 

Kala 2

Luar Biasa! Berikut 4 Tahap Persalinan Normal yang Bikin Kita Terharu Lho Moms!
source: https://beragamberita.com/

Pada tahap melahirkan ini Moms harus mengejan untuk mendorong bayi keluar sambil mengatur nafas hingga bayi berhasil dilahirkan dengan mulut rahim terbuka penuh 10cm. Jika Moms sebelumnya mengikuti kelas senam hamil, maka Moms bisa mengejan dengan baik karena sudah diajarkan sebelumnya. Tapi, sangat memungkinkan terjadinya komplikasi persalinan yang mengharuskan dokter mengambil tindakan caesar.

baca juga

Kala 3

Luar Biasa! Berikut 4 Tahap Persalinan Normal yang Bikin Kita Terharu Lho Moms!
source: https://www.indriani.web.id/

Tahap persalinan normal ini dimulai saat bayi lahir atau disebut tahap uri. Tahap ini berakhir saat plasenta keluar dan plasenta akan keluar secara spontan. Tahap ini juga akan berlangsung dalam waktu 15-30 menit, jika plasenta atau tali ari-ari tidak dikeluarkan maka akan mengakibatkan perdarahan. Pada tahap ini kita masih merasakan mulas tapi tidak semulas saat menjelang proses melahirkan, kita juga akan diberikan suntikkan untuk menghindari perdarahan. Setelah plasenta keluar, maka kita akan menjalani IMD (Inisiasi Menyusui Dini).

Kala 4

Luar Biasa! Berikut 4 Tahap Persalinan Normal yang Bikin Kita Terharu Lho Moms!
source: https://celebrity.okezone.com/

Tahapan terakhir dari persalinan normal ini mulai dari setelah plasenta keluar hingga dua jam pasca melahirkan. Selama dua jam ini kita akan dipantau, tekanan darah, denyut nadi, tinggi fundus, pengeluaran darah, dan jumlah urin. Pengorbanan persalinan normal memang lebih membutuhkan perjuangan yang ekstra, tapi pemulihan pasca melahirkan pun lebih cepat. 

Proses melahirkan memang begitu mengharukan ya Moms, apapun bentuk proses melahirkan yang kita jalani tetap saja pengorbanannya sama ya Moms. Semoga Moms yang sedang menjalani proses kehamilan bisa melewati semua prosesnya dengan lancar dan sehat ya Moms.