Pembukaan Persalinan

Pada momen persalinan, setiap wanita memiliki pengalaman berbeda saat melalui proses pembukaan. Akan tetapi, mayoritas dari mereka harus menjalani waktu yang cukup lama pada saat menunggu satu pembukaan ke pembukaan selanjutnya. Itulah sebabnya, kamu akan membutuhkan banyak energi dan fokus dalam melaluinya. Jadi, jangan panik dan tetaplah rileks saat kontraksi awal mulai terasa.  
 

8 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Menjelang Proses Pembukaan Melahirkan
source: https://www.medicalnewstoday.com/


 


Durasi Pembukaan

Percaya atau tidak, untuk para ibu yang hamil anak pertama, durasi pembukaan yang dialami akan terasa lebih panjang. Tepatnya adalah sekitar 5 hingga 10 jam, atau bahkan lebih. Untuk itu, tidak heran jika pada pembukaan awal ibu akan diminta pulang ke rumah dan melakukan aktivitas biasa oleh tim persalinan.
 

8 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Menjelang Proses Pembukaan Melahirkan
source: https://www.popsugar.com/


 

baca juga


Tips Melalui Pembukaan Melahirkan Agar Tetap Tenang dan Fokus

Untuk itu, kamu dapat mencoba beberapa tips yang dapat membuat proses persalinan dan penantian pembukaan menjadi lebih lancar. Tips ini juga penting untuk membuat energi dan fokus kamu tetap terjaga dengan baik selama proses penantian pembukaan. Yuk, simak! 

  1. Pada pembukaan awal, sekitar pembukaan 1-3, kamu lebih disarankan untuk tetap melakukan aktivitas seperti biasanya. Kamu dapat membaca buku, berjalan-jalan santai, atau menonton film favoritmu bersama suami. Ini penting untuk membuat mood ibu menjadi senang dan tetap berpikir positif. 
  2. Jangan lupa untuk banyak minum air putih dan tidak melakukan aktivitas yang menguras tenaga. Jangan lewatkan ini untuk tetap menjaga energi dan menghindari tubuh ibu yang dehidrasi. 
  3. Jika kamu merasa panik, cobalah untuk mandi dengan air hangat. Cara ini dijamin sangat membantu untuk membuat kamu lebih tenang dan rileks.
  4. Perbanyak asupan minuman dengan kandungan kalori yang tinggi. Hal ini penting untuk menambah energi untuk menghadapi persalinan. 
  5. Apabila kamu lapar, kamu dapat mengonsumsi camilan ringan. Ingat, selama proses pembukaan, kerja organ pencernaan akan berjalan lebih lambat. Jadi, kamu disarankan untuk makan makanan yang ringan dan mengurangi mual seperti buah atau yogurt.
  6. Carilah posisi untuk beristirahat yang nyaman. Perbanyak berjalan dan berdiri juga dapat membantu proses persalinan menjadi lebih lancar.
  7. Aturlah nafas dengan teratur. Hal ini penting sekali agar proses persalinan tidak menjadi melelahkan saat dilalui. 
  8. Lakukan pemijatan pada beberapa bagian tubuh yang pegal. Selain itu, kamu juga bisa mulai mendengarkan musik atau apapun yang sekiranya membuat kamu lebih tenang dan rileks. 
8 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Menjelang Proses Pembukaan Melahirkan
source: https://www.pnmag.com/


Itulah kedelapan tips yang dapat kamu lakukan untuk membuat proses menanti pembukaan menjadi lancar. Semoga bermanfaat dan selamat menantikan kelahiran buah hati, Moms!