Makanan Pendamping ASI (MPASI) merupakan hal penting yang perlu diberikan kepada bayimu yang menginjak usia 6 bulan. Mengapa? Karena pada usia 6 bulan, nutrisi yang terkandung dalam ASI tidak lagi cukup memenuhi kebutuhan tumbuhnya yang terus meningkat seiring pertumbuhan dan perkembangannya. Untuk itu, bayimu perlu mendapatkan nutrisi tambahan dari sumber makanan yang lain atau yang disebut MPASI.
 

source: http://wholesomebabyfood.momtastic.com



Cara Pemberian MPASI Pertama

Nah, pemberian MPASI perlu disesuaikan dengan usia bayimu, ladies. Untuk pemberian MPASI pertama kali yaitu pada usia bayimu 6 bulan, sebaiknya kamu memberikan MPASI yang terbuat dari 1 bahan yang ringan dan mudah dicerna, yaitu buah-buahan yang tidak asam dan sayur-sayuran yang manis, seperti apel, peach, ubi, dan nasi merah. Ingat, kamu baru pertama kali mengenalkan makanan asing bagi si kecil, jadi biarkan ia mencicipi masing-masing rasanya terlebih dahulu dan jangan mencampurkan 1 bahan dengan bahan lainnya.

Selain itu, jika ingin memberikan MPASI yang bervariasi, sebaiknya kamu menganti menu MPASI setelah 4 hari dikonsumsi oleh bayimu. Mengapa? Karena, dengan begitu, kamu bisa mengetahui jika suatu bahan makanan tidak cocok atau memberikan alergi bagi bayimu, ladies.
 

source: https://www.buzzfeed.com
baca juga



MPASI Instan VS MPASI Buatan Sendiri

Pada dasarnya, MPASI instan bisa kamu temukan dengan mudah di supermarket. Namun, sebaiknya kamu membut sendiri MPASI untuk bayimu, mengingat MPASI instan pasti mengandung bahan pewanget yang sangat buruk bagi kesehatan bayimu.
 

source: http://economists-pick-research.hktdc.com



Resep MPASI Mudah yang Bisa Kamu Coba

Nah, apa sih resep MPASI pertama untuk bayi 6 bulan yang mudah untuk dibuat? Well, ini dia resep yang pasti bisa kamu coba, ladies!


Bubur Ubi

Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk membuatnya, lho. Enggak hanya itu, ubi juga merupakan sumber protein yang sangat baik untuk bayimu, ladies.

source: https://www.youtube.com
baca juga


 
Untuk membut bubur ubi ini, kamu membutuhkan:

  • 100 gram ubi
  • Air minum secukupnya (sekitar 1 gelas)

 
Cara membuatnya mudah banget kok. Pertama-tama, potong ubi menjadi bentuk dadu yang cukup kecil.

source: http://blog.blueapron.com


Kemudian, didihkan air minum pada panci. Selanjutnya, kamu perlu memasukkan potongan ubi ke dalam air mendidih dan masak hingga tekstur ubi berubah sesuai dengan selera kamu. Jika bubur ubi ini terlalu kental, kamu bisa menambahkan sedikit air, tetapi jika terlalu encer, kamu bisa memasaknya lebih lama, ladies.
 

source: http://cherrylanecooks.blogspot.co.id


Setelah itu, pindahkan bubur ubimu ke dalam mangkok dan pastikan bahwa tidak ada potongan-potongan ubi yang masih padat. Jika kamu menemukannya, segera lumatkan dengan sendok ataupun blender sehingga kamu mendapatkan bubur ubi yang sangat halus dan lembut.

source: http://chocolateandcarrots.com


Pastikan bubur ubi ini sudah tidak panas tetapi masih tetap hangat, sebelum menyuapinya kepada bayimu, ladies!

source: http://rasamalaysia.com