1. Gunakan Deterjen Secukupnya

Kadang kita berpikir dengan menggunakan deterjen yang banyak akan membuat pakaian menjadi super bersih. Namun, ternyata penggunaan deterjen terlalu banyak bisa berakibat buruk pada mesin cuci. Deterjen bisa tersisa dan mengakibatkan bau dan muncul jamur di dalam mesin cuci. Selain itu, deterjen juga dapat merusak pakain. Untuk itu, gunakan deterjen secukupnya, kalau perlu gunakan takaran untuk mengukur jumlahnya. 
 
1. Gunakan Deterjen Secukupnya
source: https://www.123rf.com


 

2. Selalu Bersihkan Mesin Cuci Habis Dipakai

Banyak orang yang terlalu malas membersihkan mesin cuci tiap kali sudah dipakai. Kebiasaan ini bisa berpengaruh pada keawetan mesin cuci dan proses cuci berikutnya lho. Untuk itu, selalu bersihkan mesin cuci sehabis digunakan. Hal ini akan membantu menjaga tabung tetap bersih dan pakaian terhindar dari kotoran yang tertampung pada filter. Tidak hanya bagian dalam, namun bagian yang dianggap sepele seperti karet, tempat deterjen dan pintu mesin cuci juga wajib dibersihkan. 
 
2. Selalu Bersihkan Mesin Cuci Habis Dipakai
source: https://www.ahs.com

 
baca juga

3. Bersihkan dengan Baking Soda

Baking soda ampuh mengusir bau dan bakteri. Nah, kamu bisa mengaplikasikan baking soda untuk membersihkan mesin cuci di rumah. Caranya dengan memasukkan baking soda secukupnya ke dalam wadah deterjen. Kamu bisa mencampur baking soda dan cuka putih di sini. Pastikan mesin cuci kosong, tidak ada pakaian di dalamnya. Selanjutnya, nyalakan mesin cuci dan pilih pencucian dengan air panas. Biarkan mesin cuci melakukan proses pencucian seperti biasanya. Baking soda akan membersihkan bagian dalam, membunuh bakteri dan mengatasi bau. 
 
3. Bersihkan dengan Baking Soda
source: http://www.lilbumsclothdiapers.com

 

4. Buka Pintu Mesin Cuci Setelah Dipakai

Mesin cuci yang basah akan lebih mudah menimbulkan jamur dan bau. Oleh karena itu, sehabis dipakai selalu biasakan mesin cuci mengering. Caranya adalah dengan membiarkan pintu mesin cuci terbuka selama beberapa jam agar suhu lembapnya keluar. Selain itu, gunakan lap bersih untuk mengeringkan bagian mesin cuci yang bisa dijangkau. 
 
4. Buka Pintu Mesin Cuci Setelah Dipakai
source: https://dengarden.com

Nah, itu dia beberapa cara untuk merawat mesin cuci di rumah agar bebas jamur. Perawatan mesin cuci ini juga akan menunjang rumah bersih dan bebas bau.