1. Wadah Plastik

Coba perhatikan ada berapa wadah plastik yang kamu punya di dapur. Tanpa sadar kita memiliki wadah plastik yang menumpuk dan tidak terpakai. Nah, coba sortir dan singkirkan yang jarang dipakai. Selain mengambil banyak tempat, pemakaian wadah plastik untuk menyimpan makanan sebenarnya tidak terlalu baik bagi kesehatan. 
 
source: http://ihavesandwich.blogspot.com

 

2. Bumbu Lama dan Kedaluwarsa

Tipikal dapur keluarga Indonesia adalah banyaknya rempah-rempah yang tersimpan di sana, seperti bawang-bawangan, cabai, kunyit, kemiri, serai, merica, ketumbar dan sebagainya. Lihat kembali apakah bumbu-bumbu tersebut masih layak pakai dan tidak kedaluwarsa. Segera singkirkan yang sudah tidak diperlukan lagi. 
 
source: https://food-hacks.wonderhowto.com

 
baca juga

3. Kemasan Makanan Instan

Di setiap dapur pasti terdapat makanan-makanan instan yang siap olah. Biasanya makanan instan dikemas dengan plastik atau kertas karton. Nah, agar tidak membuat dapur semakin berantakan, pindahkan isi makanan tersebut ke dalam toples, mulai dari sereal, aneka camilan, gula, garam, bubuk kopi, susu dan sebagainya, lalu buang kemasannya. 
 
source: https://www.marionpolkfoodshare.org

 

4. Kantong Plastik

Meski tidak ramah lingkungan, namun masih banyak di antara kita yang gemar menyimpan kantong plastik untuk digunakan menyimpan sesuatu ataupun dimanfaatkan sebagai tempat sampah. Coba sortir kembali kantong plastik yang ada di dapur. Singkirkan kantong plastik yang tidak diperlukan dan yang sudah robek. 
 
source: http://www.tribunnews.com

 
baca juga

5. Spons Cuci Piring

Tahukah kamu kalau spons cuci piring sebenarnya merupakan benda yang paling banyak menyimpan bakteri akibat kondisinya yang basah? Segera ganti spons dengan yang baru apabila warnanya sudah kusam. Jika ingin lebih bersih dan sehat, sebaiknya gunakan benda alternatif lain yang fungsinya seperti spons, bisa dicuci kembali namun minim kuman dan bakteri. 
 
source: https://www.sheknows.com

 

6. Pernak Pernik

Untuk mempercantik tampilan dapur, kadang kita menambahkan pernak-pernik di dinding, kulkas dan bagian dapur yang lain. Perhatikan sekeliling dapur, apakah pernak-pernik tersebut masih layak di sana dan tidak usang. Jika sudah tidak bagus lebih baik singkirkan karena berpotensi dihinggapi debu. 
 
source: https://www.vicarie-sn.org

Nah, itu dia beberapa barang yang minim fungsi yang perlu disingkirkan dari dapur demi mempercantik interior rumah juga dapur!