Manfaat Yogurt bagi Ibu Hamil

Yogurt tak hanya enak, namun juga sehat. Oleh karena itu tak ada alasan untuk tidak menikmati yogurt selama kehamilan. Yuk, mulai konsumsi yogurt dan dapatkan deretan manfaatnya berikut ini: 

1. Mencegah Preeklampsia
Selama kehamilan, ibu hamil wajib mengonsumsi makanan tinggi kalsium. Salah satu sumber kalsium yang baik ada di dalam yogurt. Kenapa kalsium dibutuhkan selama kehamilan? Salah satunya adalah untuk mencegah kelahiran prematur yang disebabkan oleh preeklampsia yaitu penyakit yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, kenaikan kadar protein di dalam urin dan pembengkakan pada tungkai. 
 
Manfaat Yogurt bagi Ibu Hamil
source: http://parenting.firstcry.com

 

2. Untuk Kesehatan Tulang Ibu dan Janin

Selama kehamilan, kita wajib mengonsumsi nutrisi penting yang tidak hanya menunjang kesehatan ibu saja, tapi juga pertumbuhan janin. Nah, sama halnya dengan produk susu lainnya, yogurt dipuji karena nilai kalsiumnya yang tinggi. Selain membantu memperkuat tulang ibu hamil, kalsium juga  menjamin struktur tulang yang sehat pada bayi. 

3. Merangsang Pertumbuhan Gigi
Tahu nggak Moms, sebenarnya pertumbuhan gigi sudah terjadi selama kehamilan. Untuk menguatkan fondasi gigi bayi, maka dukung dengan banyak mengonsumsi kalsium. Kalsium telah terbukti menguatkan dan mencegah terjadinya karies pada gigi. 
 
2. Untuk Kesehatan Tulang Ibu dan Janin
source: https://www.eatthis.com
baca juga

4. Meringankan Gejala Inflamasi

Selain kalsium, yogurt juga mengandung jumlah probiotik yang luar biasa. Salah satu manfaat dari mengonsumsi probiotik ini membantu meredakan gejala peradangan. Sebagian besar ibu hamil akan mengalami keluhan peradangan selama kehamilan. Dengan mengonsumsi yogurt dapat membantu meringankan gejala-gejala ini. 
 
4. Meringankan Gejala Inflamasi
source: https://www.momjunction.com

 

Pilihan Yogurt yang Sehat

Jenis yogurt yang aman dikonsumsi selama hamil adalah yogurt yang sudah dipasteurisasi. Yogurt yang telah melewati proses pausterisasi telah aman dari bakteri yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan.Untungnya sebagian besar merek yogurt telah dipasteurisasi. Meski begitu, penting untuk membaca label dan tahu apa kandungan dalam yogurt yang akan dibeli. Hindari yogurt dengan kandungan tinggi lemak karena bisa menyebabkan kenaikan berat badan dan masalah pada jantung. 

Lalu, kira-kira berapa jumlah yogurt yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil? 
Jawabannya adalah cukup mengonsumsi 3 yogurt ukuran kecil saja setiap hari (masing-masing 200 gram) untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian. Agar lebih sehat, santap dengan buah-buahan segar ya! 
 
Pilihan Yogurt yang Sehat
source: http://www.visityogurtlab.com