1. Panaskan Lebih Dulu

Yang pertama kali perlu diperhatikan saat akan memasak adalah panaskan wajan terlebih dahulu sebelum memasukkan bahan masakan. Wajan yang dingin atau tidak dipanaskan akan membuat masakan mudah lengket saat menggoreng. Proses memanaskan pun sangat tergantung pada kondisi api. Hindari menggunakan api yang besar karena berisiko membuat wajan hangus. Untuk itu, gunakan api sedang dan merata. 
 
1. Panaskan Lebih Dulu
source: https://www.yuppiechef.com

 

2. Pilih Spatula yang Benar

Pasangan wajan adalah spatula yang digunakan untuk membalikkan makanan yang sedang digoreng. Nah, agar permukaan wajan anti lengket tidak tergores, sebaiknya hindari menggunakan spatula yang terbuat dari logam. Gunakanlah spatula kayu ataupun silikon yang permukaannya lebih lembut sehingga tidak mengakibatkan goresan atau permukaan wajan mengelupas ketika terjadi gesekan. Pemilihan alat masak untuk pasangan wajan ini sangat penting lho, Moms! 
 
2. Pilih Spatula yang Benar
source: https://thewirecutter.com

 
baca juga

3. Segera Pindahkan Masakan dari Wajan ke Wadah Lain

Kadang saat selesai menggoreng, kita malas memindahkan masakan dari wajan ke wadah lain. Padahal hal ini dapat membuat wajan menjadi rusak lho. Menyimpan makanan di dalam wajan anti lengket dapat menyebabkan aus pada permukaan wajan. Jadi, sebaiknya segera pindahkan makanan dari wajan setelah digunakan untuk memasak ya! 
 
3. Segera Pindahkan Masakan dari Wajan ke Wadah Lain
source: https://www.circulon.co.nz

 

4. Cuci Wajan dengan Langkah yang Benar

Proses pencucian juga bisa bikin alat dapur yang satu ini tidak tahan lama. Setelah dipakai, dinginkan wajan sebentar lalu segera cuci dengan air mengalir. Gunakan spon yang lembut agar tidak menggores permukaan wajan. Apabila terdapat sisa makanan yang sulit keluar, cuci wajan dengan air hangat ataupun panaskan air di atas wajan sehingga kerak keluar dengan sendiri. Jangan menggosok dengan spon kasar demi mengeluarkan kerak tersebut ya, Moms!  
Selain itu, hindari merendam wajan semalam penuh karena air dapat mengikis permukaan wajan. 
 
4. Cuci Wajan dengan Langkah yang Benar
source: https://www.greenpan.us

 
baca juga

5. Keringkan Wajan Sebelum Disimpan

Tahu nggak, Moms, jika air yang menempel dalam waktu yang lama pada wajan dapat menyebabkan karat. Oleh karena itu, selalu biasakan wajan dalam keadaan kering sebelum disimpan. Gunakan lap bersih dan lembut untuk mengeringkan wajan dan hindari menyimpan di tempat lembap. 
 
5. Keringkan Wajan Sebelum Disimpan
source: https://thetinylife.com

Nah, itu dia beberapa perawatan wajan yang bisa dilakukan di rumah, Moms. Dengan perawatan yang benar, alat dapur ini akan awet pemakaiannya. Jangan lupa dipraktekkan ya!