Pentingnya Pendidikan Orang Tua

Semua orang tua pasti menginginkan buah hatinya tumbuh menjadi anak yang taat, patuh, dan berperilaku baik. Sayangnya, mendidik anak tidak hanya perlu dilakukan dengan memberikan nasihat pada si kecil, tetapi juga memperlihatkan contoh sikap dan perangai baik. Banyak tidak disadari para orang tua, sikap dan karakter yang ditunjukan sehari-hari ternyata malah memicu timbulnya reaksi negatif dari anak. Pasalnya, anak lebih banyak belajar dari contoh yang mereka amati dari orang tua, bukan hanya dari nasihat dan kata-kata.
 

Hati-Hati, Sikap Orang Tua Berikut Dapat Menyebabkan Munculnya Sifat-Sifat Buruk Anak
source: https://www.parentingforbrain.com/


 


Anak Sang Pengamat

Hal yang harus selalu kamu ingat adalah segala respon dan perilaku orang tua sehari-hari akan diamati dan dicerna oleh anak dengan sangat baik. Tidak heran, jika kamu menunjukkan sikap yang buruk, si kecil akan mengikuti atau meniru di kemudian hari. 
 

Hati-Hati, Sikap Orang Tua Berikut Dapat Menyebabkan Munculnya Sifat-Sifat Buruk Anak
source: https://www.momjunction.com/


 

baca juga


Sikap Orang Tua yang Harus Diwaspadai

Sebagai orang tua, kamu juga harus mengetahui bahwa ada beberapa sikap yang seharusnya kamu hindari saat berinteraksi dengan anak, seperti misalnya: 

  1. Kurang konsisten dalam menerapkan peraturan. Dalam hal ini, orang tua banyak sekali yang menunjukkan sikap yang tidak konsisten dan taat pada aturan yang ia tetapkan. Misalnya, jika kamu tidak membolehkan anak untuk main di malam hari, jangan berikan keleluasaan meskipun anak merengek. Apabila kamu memberikannya, dijamin anak akan menjadikannya sebagai senjata untuk mengubah aturanmu.
  2. Bertindak tidak sesuai dengan nasihat yang kamu ucapkan. Apabila kamu menyuruhnya untuk menyikat gigi, berikan contoh sesuai dengan arahan yang kamu berikan pada anak. Jangan sampai anak melihatmu melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan nasihat dan perintah yang kamu berikan padanya.
  3. Memberikan konsekuensi atau hukuman yang tidak mendidik. Hindari memberikan konsekuensi atau hukuman yang tidak ada hubungannya dengan kesalahan anak. Jika anak malas belajar karena menonton TV, jangan hukum dia dengan membatasi camilan kesukaannya. 
  4. Jangan memaklumi perilaku buruk anak. Apabila anak berperilaku buruk, apapun alasannya, jangan pernah memakluminya. Jika anak bersedih atau marah, ajarkan ia untuk mengelola dan mengendalikan emosinya. Jangan pernah memaklumi karena ini akan menjadi kebiasaan yang berlanjut.
Hati-Hati, Sikap Orang Tua Berikut Dapat Menyebabkan Munculnya Sifat-Sifat Buruk Anak
source: https://nannyoptions.ie/


Nah, itulah beberapa hal penting seputar sikap orang tua yang mempengaruhi sifat dan karakter buruk anak. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam mendidik si kecil agar tumbuh menjadi anak yang cerdas dan berkarakter baik.