Masa Peralihan Dari Anak-Anak Menuju Dewasa 

Setelah masa balita, pertumbuhan pesat juga terjadi pada tubuh manusia di fase usia remaja. Pada usia antara 11 sampai 15 tahun, tubuh seorang anak akan beralih dari anak-anak menjadi dewasa. Itulah sebabnya, masa remaja yang juga dikenal dengan sebutan periode pubertas ini memberikan banyak perubahan signifikan pada tubuh seorang anak.
 

Tahukah Kamu Kalau Anak Remaja Butuh Tidur Lebih Lama? Ini Dia Alasannya!
source: https://www.sleep.org/


 


Pertumbuhan Pesat Saat Tidur

Perubahan dari anak-anak menuju dewasa membutuhkan peralihan yang cukup pesat pada seorang anak. Itulah sebabnya, di usia remaja seseorang cenderung membutuhkan waktu tidur yang lama, sama seperti saat balita dulu. Biasanya, anak remaja akan membutuhkan waktu tidur sekitar 9.5 jam per harinya. Saat tidur inilah perubahan tubuh dan pertumbuhan terjadi. 
 

Tahukah Kamu Kalau Anak Remaja Butuh Tidur Lebih Lama? Ini Dia Alasannya!
source: https://www.mirror.co.uk/


 

baca juga


Proses Perkembangan Otak

Di masa remaja, otak juga masih mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dengan tidur lebih lama, otak memiliki waktu lebih dalam memproduksi dan mengkonsolidasikan sel serta jaringan syaraf. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan daya ingat dan membantunya dalam belajar. Bahkan, ada pula penelitian yang menunjukkan bahwa apabila anak kekurangan waktu tidur, ia dapat mengalami kesulitan serta kendala dalam belajar dan daya ingatnya.
 

Tahukah Kamu Kalau Anak Remaja Butuh Tidur Lebih Lama? Ini Dia Alasannya!
source: http://www.bbc.com/


 


Peran Penting Orang Tua

Untuk itu, sebagai orang tua kamu disarankan untuk tidak mengeluhkan atau mengomeli anak saat ia tidur lebih lama. Sebaliknya, pikirkanlah apa hal yang perlu kamu lakukan untuk membantunya agar dapat disiplin dalam mengatur waktu istirahat, belajar, dan bermain. Ajaklah komunikasi dan berikan arahan untuk dapat menggunakan waktu dengan lebih bijaksana.
 

Tahukah Kamu Kalau Anak Remaja Butuh Tidur Lebih Lama? Ini Dia Alasannya!
source: https://www.momjunction.com/


Itulah beberapa alasan mengapa seorang remaja membutuhkan waktu tidur lebih lama dibandingkan anak-anak dan orang dewasa. Jadi, jangan buat mereka kekurangan waktu tidur, ya!