1. Anak Menjadi Tertekan

Niat baik orang tua untuk memotivasi anak dengan membandingkannya dengan anak lain yang lebih unggul ternyata dapat memberikan beban dan tekanan pada si kecil. Anak akan menjadi lebih gelisah dan tidak tenang saat belajar. Ia akan selalu mengukur dirinya dengan orang lain sehingga membuatnya sulit untuk lebih jernih dalam berpikir. Tidak jarang anak akan menjadi stress dan muram karena orang tua yang terlalu sering membanding-bandingkannya dengan anak lain.
 

Hindari Membanding-bandingkan Anak, Ini Dampak Negatif yang Bisa Terjadi
source: https://khoobsurati.com/


 

 


2. Hilang Kepercayaan Diri

Dampak lain yang juga kerap kali muncul pada anak yang sering dibanding-bandingkan dengan anak lain adalah hilangnya rasa percaya diri. Anak yang selalu dinilai kurang dari orang lain akan menganggap dirinya rendah. Dia akan selalu merasa sulit untuk menjadi seseorang yang unggul dan tidak mungkin untuk melebihi anak-anak di sekitarnya. Buruknya lagi, tidak adanya rasa percaya diri membuat prestasi anak akan semakin menurun.

 ​
Hindari Membanding-bandingkan Anak, Ini Dampak Negatif yang Bisa Terjadi
source: http://www.open.edu/


 

baca juga


3. Sulit Bersosialisasi ​

Jika kamu terus membandingkan anak dengan anak lain, ia akan menjadi takut dan enggan untuk berbaur karena khawatir akan dibandingkan dengan anak lain. Inilah yang membuat seorang anak menjadi sulit untuk berkomunikasi karena ia tidak memiliki lingkungan sosial yang baik, atau bahkan tidak memiliki teman.
 

Hindari Membanding-bandingkan Anak, Ini Dampak Negatif yang Bisa Terjadi
source: http://www.psychology-criminalbehavior-law.com/


 


4. Menunjukkan Sikap Acuh Tak Acuh

Saat kamu lebih sering membandingkan kekurangannya dengan kelebihan anak lain tanpa menghargai segala pencapaian berhasil ia raih, ia akan tumbuh menjadi anak yang acuh dan malas dalam berusaha meraih prestasi. Ia akan merasa segala yang ia lakukan akan percuma karena akan ada saja kekurangan yang dilihat dan anak lain tetap lebih baik darinya.
 

Hindari Membanding-bandingkan Anak, Ini Dampak Negatif yang Bisa Terjadi
source: https://www.dailymail.co.uk/


 

baca juga


5. Adanya Bakat yang Diabaikan 

Orang tua yang kerap kali membanding-bandingkan anak kerap kali mengabaikan kelebihan, potensi, bakat, dan passion anak yang sesungguhnya. Padahal, perlu disadari bahwa setiap anak lahir memiliki bakat dan kelebihannya masing-masing. Apabila kamu menemukan adanya satu kekurangannya, janganlah terlalu fokus untuk mengukur kekurangan tersebut. Lihatlah kelebihan dan prestasi yang sudah diraihnya. Kembangkan dan asah terus agar si anak dapat menjadi unggul di bidangnya. 

Hindari Membanding-bandingkan Anak, Ini Dampak Negatif yang Bisa Terjadi
source: https://greatergood.berkeley.edu/


Nah, itulah beberapa dampak yang sangat rentan terjadi pada anak yang sering dibanding-bandingkan dengan orang tuanya. Ingat, semua anak lahir dengan kecerdasan dan potensinya masing-masing. Kenali dan asah potensi tersebut hingga ia dapat unggul di bidangnya. Jangan pernah membandingkan dirinya dengan anak lain karena setiap anak adalah spesial. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!