1. Membantu Anak Berkebutuhan Khusus dalam Belajar

Apabila kamu memiliki anak berkebutuhan khusus, cobalah untuk memelihara hewan di rumah untuk mengoptimalkan proses belajar si kecil. Pasalnya, sudah banyak penelitian menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan, seperti anjing misalnya, dapat berperan dalam membantu proses belajar dari seorang anak dengan kebutuhan khusus. Keberadaan hewan peliharaan juga membuat seorang anak menjadi lebih rileks dan tenang dibandingkan jika harus berinteraksi dengan orang dewasa terus menerus.
 

source: https://thezebra.org/


 


2. Menjaga Kondisi Kesehatan Anak

Seorang dokter anak yang juga merupakan kepala departemen alergi dan imunologi di Medical College of Georgia melakukan sebuah penelitian seputar alergi dan memelihara hewan di rumah. Hasil studinya menunjukkan bahwa dengan memiliki hewan peliharaan risiko anak untuk terkena alergi tertentu akan berkurang. Dalam penelitiannya, ia memantau pertumbuhan dan perkembangan 474 bayi sejak baru lahir hingga sekitar usia 7 tahun. Dari situ ia berhasil menemukan bahwa anak yang berada di sekitar dua atau lebih hewan peliharaan seperti anjing atau kucing saat bayi, memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengidap alergi umum. Hal ini disebabkan adanya paparan dini terhadap bakteri tertentu.
 

source: https://www.petbucket.com/


 

baca juga


3. Bagian dari Mengajarkan Anak Tanggung Jawab, Kasih Sayang, dan Kepedulian

Memberikan kepercayaan pada anak untuk merawat dan memelihara hewan akan melatih rasa tanggung jawab, kasih sayang, dan kepedulian anak. Berikan contoh dan ajarkan cara bersikap baik pada hewan karena mereka juga makhluk yang perlu disayang dan dikasihi. Terlebih lagi jika si kecil sendiri yang meminta untuk dibelikan hewan peliharaan. Komunikasikan padanya tanggung jawab untuk memastikan hewan yang dipelihara mendapatkan makan yang cukup, tempat yang nyaman, dan perhatian saat sakit.
 

source: https://www.parents.com/


 


4. Hewan Akan Memberi Rasa Nyaman Pada Anak dan Meningkatkan Kepercayaan Dirinya

Keberadaan hewan akan membuat anak lebih merasa percaya diri diantara orang-orang dewasa sekitarnya. Pasalnya, anak dengan hewan peliharaannya akan tumbuh membangun relasi yang dekat sehingga dapat menjadi tempat anak mencurahkan isi hati tanpa ada rasa takut dinilai olehnya. Inilah yang membuat anak menjadi lebih percaya diri dengan lingkungannya.
 

source: http://www.llewtube.com/


 

baca juga


5. Menguatkan Ikatan Antar Anggota Keluarga

Dengan memelihara dan merawat hewan, kamu akan melibatkan seluruh anggota keluarga dalam memerhatikan kebutuhan hewan yang kamu pelihara. Secara tidak langsung, keberadaan hewan inilah yang nantinya akan menambah ikatan antar anggota keluarga dalam merawat peliharaan di rumah. Misalnya, kamu akan membagi tugas untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan seputar perawatan. Dari situ akan timbul komunikasi dan berbagi cerita dalam merawat peliharaan.
 

source: https://www.drweil.com/


Itulah lima manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memelihara hewan di rumah bersama dengan anak-anak. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba?