Tubuh Pria Menggemuk Setelah Menikah, Mitos atau Fakta?
 

Duh, Suami Menggemuk dan Membuncit Setelah Menikah! Apakah Bahaya?
source: https://perutbuncit.org/


Tidak bisa dipungkiri, mitos mengenai tubuh pria yang berubah signifikan setelah menikah menjadi lebih gemuk memang terbukti dengan banyaknya pria yang mengalami penambahan berat badan pasca menikah. Hal ini biasanya dikaitkan dengan para istri yang dianggap "sukses" mengurus dan merawat suami. Di sisi lain, mitos ini ternyata juga didukung dengan penelitian yang membuktikan bahwa kebanyakan pria memang mengalami penambahan berat badan setelah menikah. Families, Systems and Health Journal mengkonfirmasikan sebuah hasil penelitian yang menunjukkan bahwa para pria yang sudah menikah akan mengalami penambahan berat badan hingga 25% dari berat badannya saat lajang.
 


Perubahan Hormon yang Cukup Drastis Setelah Menikah
 

Duh, Suami Menggemuk dan Membuncit Setelah Menikah! Apakah Bahaya?
source: http://banjarmasin.tribunnews.com/


Dari hasil penelitian tersebut, ditemukan bahwa gemuknya seorang pria tidak hanya sekedar disebabkan sang istri yang berhasil merawatnya, melainkan adanya perubahan hormon signifikan yang terjadi pada tubuhnya. Setelah menikah, kadar testosteron pada pria akan mengalami penurunan. Bahkan saat memiliki anak yang sudah memiliki anak hormon ini juga terus menurun secara signifikan. Di sisi lain, kadar prolaktin dalam tubuh pria malah meningkat setelah menikah. Dengan kata lain, testosteron yang cenderung identik dengan libido akan terpenuhi. Akibatnya para pria menjadi lebih tenang dan nyaman sehingga hormon prolaktin lebih tinggi. 
 

baca juga


Penyebab Eksternal Perubahan Berat Badan Pria Setelah Menikah
 


Sama seperti orang pada umumnya, selama postur tubuh tidak berubah secara drastis penggemukan tubuh ini tidak akan memberikan masalah besar. Namun, jika tidak dipantau, peningkatan berat badan pada tubuh pria ini akan berdampak pada risiko obesitas, penyakit jantung, hingga diabetes. Untuk itu, penting bagi para istri untuk tetap memantau berat badan suami dan menjaga asupannya tetap sehat dan terjaga baik.