Diagnosis Progeria

Biasanya, dokter akan memberikan diagnosis adanya sindrom progeria pada anak dari gejala dan tanda-tanda fisik yang ditunjukkan anak. Tanda-tanda itu dapat berupa ukuran kepala yang tidak proporsional, kulit keriput, hingga ukuran daun telinga yang melebar.

 

Kenali dan Pahami Diagnosis Serta Pengobatan Anak dengan Sindrom Progeria Ini
source: https://healthjade.com/


Selain itu, pemeriksaan anak yang diduga mengalami sindrom progeria juga akan dilengkapi dengan penghitungan denyut jantung, pemeriksaan tekanan darah, pengukuran tinggi dan berat badan untuk memastikan apakah semuanya normal dan proporsional jika dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Dokter juga akan melakukan uji pendengaran dan penglihatan.
 


Pengobatan dan Komplikasi Progeria

Pada dasarnya belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan sindrom Progeria secara total. Akan tetapi, ada beberapa metode penanganan dan pengobatan yang dapat meringankan atau menunda risiko terjadinya komplikasi atau mengurangi gejala-gejala penyakit ini. Beberapa jenis obat yang biasa diberikan pada penderita progeria adalah:

  • Inhibitor farnesyltransferase (FTI) : Yaitu salah satu satu jenis obat yang digunakan untuk melemahkan sel-sel kanker yang mungkin diderita anak dengan sindrom progeria. Obat ini juga dikatakan dapat berperan dalam memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh. 
  • Aspirin dosis rendah : Yaitu obat yang bermanfaat untuk mencegah risiko munculnya serangan jantung serta stroke pada penderita progeria.
  • Hormon pertumbuhan : Pemberian hormon pertumbuhan ini diberikan untuk menghambat produksi protein prelamin A yang tidak normal sehingga mengurangi tanda penuaan yang cepat. Pemberian hormon ini juga berperan dalam meningkatkan berat dan tinggi badan anak dengan progeria.
  • Obat kolesterol dan antikoagulan : Yaitu obat yang dapat berfungsi menurunkan kadar kolesterol serta mencegah terjadinya penggumpalan darah pada tubuh penderita progeria.

Selain pemberian obat, anak dengan sindrom progeria juga akan menjalani fisioterapi untuk memastikan anak dapat tetap aktif bergerak meskipun ia memiliki masalah pada panggul dan persendian yang kaku.
 

Kenali dan Pahami Diagnosis Serta Pengobatan Anak dengan Sindrom Progeria Ini
source: https://hellodoktor.com/
baca juga


Komplikasi Progeria

Anak dengan sindrom progeria berisiko menderita beberapa jenis komplikasi, seperti di antaranya:

  • Arteriosklerosis. Terjadinya pengerasan pembuluh darah yang parah. Kondisi ini sangat berisiko pada munculnya serangan jantung, gagal jantung, hingga stroke.
  • Artritis. Sebuah kondisi peradangan pada otot dan persendian.
  • Katarak. Yang berdampak pada terganggunya penglihatan anak.
  • Kanker. Adanya pertumbuhan sel-sel abnormal dalam tubuh anak.
Kenali dan Pahami Diagnosis Serta Pengobatan Anak dengan Sindrom Progeria Ini
source: http://progeriafamilycircle.blogspot.com/p/symptoms.html


Untuk itu, jika kamu menemukan ada hal yang tampak tidak normal pada si kecil atau kerabat. Ada baiknya untuk segera mengonsultasikannya pada dokter untuk mendapat penanganan sedini mungkin.