1. Tempat Tidur 'Rahasia'
Rata-rata luas apartemen studio di Jakarta hanya berkisar 21 hingga 35 meter persegi. Tentunya ruang yang terbatas tersebut sayang jika habis hanya untuk tempat tidur saja. Maka untuk mengakalinya, Moms bisa menggunakan tempat tidur 'rahasia', di mana tempat tidur tersebut menyatu dengan lemari televisi. Jika sedang tidak digunakan, tempat tidur tersebut bisa digeser masuk ke dalam lemari. Memang membuatnya cukup merepotkan karena perlu dipesan khusus, namun sepadan dengan penghematan ruang yang akan Moms dapatkan. 
 

source: https://cdn.interiorzine.com/wp-content/uploads/2017/11/sliding-bed-under-the-working-place-design-ideas-small-apartments.jpg

2. Rak Partisi
Jika Moms memilih untuk menggunakan tempat tidur biasa, maka ada baiknya Moms meletakkan rak besar sebagai partisi. Pembatas ruangan atau partisi berupa rak ini dibutuhkan untuk menjaga privasi antara area tidur dan ruang tengah. Moms juga bisa menyusun rak partisi ini sedemikian rupa sehingga jika pintu apartemen dibuka area tidur tidak langsung bisa terlihat begitu saja. Selain rak, Moms juga bisa menggunakan tirai untuk membatasi area tidur. Hias tirai dengan cantik ya, Moms, agar tidak terlihat seperti tirai tempat tidur di rumah sakit. 
 

source: http://yorokobaseya.info/wp-content/uploads/2018/06/ikea-studio-apartment-ideas-studio-apartment-ideas-furniture-ikea-small-studio-apartment-ideas.jpg
baca juga

3. Lemari Sofa
Maksimalkan furnitur dengan fungsi penyimpanan, terutama furnitur yang besar seperti sofa. Jika di rumah Moms bisa menggunakan sofa besar yang hanya berfungsi sebagai tempat duduk, maka di apartemen studio Moms perlu menambahkan fungsi penyimpanan dalam sebuah sofa. Manfaatkan area kolong sofa untuk lemari penyimpanan. Atau, bisa juga Moms merancang sebuah lemari pendek, kemudian letakkan bantalan-bantalan di atasnya sebagai tempat untuk duduk. 
 

source: https://i.ytimg.com/vi/r44vq6H2U84/maxresdefault.jpg

4. Lemari Pakaian Terbuka
Lemari pakaian juga merupakan furnitur besar yang akan menghabiskan area kosong dalam sebuah apartemen studio yang mungil. Akali lemari pakaian dengan menggunakan beberapa ambalan tempel di dinding serta tiang horizontal sebagai tempat penyimpanan pakaian. Beri warna mencolok untuk lemari pakaian terbuka ini sehingga fungsinya juga bisa sekaligus sebagai penghias ruang apartemen studio Moms. 
 

source: https://cdn.interiorzine.com/wp-content/uploads/2017/11/smart-design-ideas-for-tiny-studio-apartments.jpg