Tidur Terlalu Lama Setelah Begadang
 
Tidur Terlalu Lama Ternyata Berbahaya, Ini Dia Batasan Tidur Paling Lama
source: http://naturalsociety.com/


Setelah melalui malam-malam penuh begadang pasca ujian atau pengumpulan laporan akhir kantor, kamu pasti akan menginginkan waktu yang lama untuk tidur dan menebus waktu-waktu begadang sebelumnya. Sayangnya, hal ini tidak dianjurkan untuk kamu lakukan. Jika kamu merasa tidur lama akan mengembalikan kebutuhan istirahat tubuh, hal tersebut ternyata salah. Pasalnya, yang kamu butuhkan adalah mengembalikan pola hidup sehat dengan tidur cukup, makan sehat, dan olahraga.
 


Bahaya Tidur Terlalu Lama
 

Tidur Terlalu Lama Ternyata Berbahaya, Ini Dia Batasan Tidur Paling Lama
source: https://www.hellosehat.com/


Tidur terlalu lama sangat tidak dianjurkan karena dapat memicu bahaya-bahaya yang nantinya sangat berisiko bagi kesehatan, di antaranya:

  • Sakit kepala
    Tidur terlalu lama akan membuat timbul rasa sakit kepala sehingga aktivitas menjadi tidak nyaman untuk dilakukan. Kondisi ini terjadi karena tidur terlalu lama akan memberikan pengaruh pada kerja senyawa kimia di otak. Dengan begitu, bukannya kembali fresh, kamu akan mendapatkan tubuh menjadi lebih lelah dan sulit fokus.
  • Sakit punggung
    Selanjutnya, tidur terlalu lama juga dapat memicu munculnya sakit punggung dan tubuh nyeri serta pegal-pegal. Untuk itu, penting bagi kamu menjadwalkan waktu olahraga agar tubuh menjadi lebih seimbang dan sehat. 
Selain itu, tidur terlalu lama juga berisiko menyebabkan beragam penyakit seperti diabetes, jantung, dan obesitas. 
baca juga

Durasi Tidur Ideal
 
Tidur Terlalu Lama Ternyata Berbahaya, Ini Dia Batasan Tidur Paling Lama
source: http://necturajuice.com/


Setidaknya, seseorang membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam per hari. Akan tetapi, pada kondisi tertentu, orang dewasa dapat tidur lebih lama, yaitu sekitar 9-10 jam. Biasanya ini terjadi pada orang-orang yang kelelahan setelah melakukan aktivitas berat dan kekurangan tidur. Namun, lebih dari itu akan sangat membahayakan tubuh dan kesehatan. Jadi, pastikan untuk memasang alarm agar tidur tidak kebablasan, ya!