Pentingnya Mendampingi Anak Mengerjakan PR
 

Yuk, Pahami Batasan Orang Tua dalam Membantu Mengerjakan PR Sekolah Anak
source: https://www.parents.com/


Keberadaan orang tua saat anak mengerjakan PR akan sangat membantu si kecil dalam mengerjakan PR. Akan tetapi, jangan sampai pendampinganmu malah membuatnya takut dan khawatir. Itulah sebabnya kamu harus memerhatikan hal-hal penting saat mendampingi anak mengerjakan PR, seperti:

  1. Buatlah anak nyaman saat mengerjakan PR.
  2. Tanyakan anak, apakah ia sudah benar-benar memahami pelajaran tersebut.
  3. Jangan memarahi saat ia melakukan kesalahan.
Ketiga hal ini penting untuk membuat anak tidak trauma untuk belajar bersama orang tua.
 


Batasan-Batasan dalam Membantu Anak Mengerjakan PR
 

Yuk, Pahami Batasan Orang Tua dalam Membantu Mengerjakan PR Sekolah Anak
source: https://www.deseretnews.com/


Akan tetapi, dalam mendampingi anak mengerjakan PR perlu diperhatikan beberapa batasan agar anak tidak ketergantungan dan lebih mengandalkan orang tua dalam mencari solusi dan pemecahan dari soal-soal PR. Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu kamu pahami 

  1. Tanyakan sudah sampai mana materi yang diajarkan di sekolah. Hal ini penting untuk mengetahui apa saja soal yang seharusnya bisa dikerjakan anak.
  2. Biarkan anak mengerjakan sendiri terlebih dahulu soal-soal yang bisa ia kerjakan. Ajarkan padanya untuk mendahului soal-soal yang mudah sehingga mengerjakan soal akan menjadi lebih efektif dan efisien.
  3. Jika sudah tersisa soal yang sulit, mulai berikan arahan dengan menjelaskan langkah-langkah pengerjaannya. Jangan kerjakan soal anak, biarkan ia mengerjakan sendiri.
  4. Kamu dapat menggunakan papan tulis atau sekadar mengarahkan ia untuk menulis jawaban.
  5. Lakukan review untuk materi-materi yang dibahas dalam PR. Hal ini penting untuk membuatnya lebih sadar pada materi yang sudah ia kuasai dan belum dia pahami.
baca juga


Ingat, jangan pernah galak dalam menegur anak yang melakukan kesalahan atau terlalu baik dalam membantu anak mengerjakan PR-nya. Pendampingan ini berguna untuk membantu anak mandiri dalam belajar sambil membangun kedekatan dan hubungan yang baik antara orang tua dan anak.
 

Yuk, Pahami Batasan Orang Tua dalam Membantu Mengerjakan PR Sekolah Anak
source: https://www.scarymommy.com/


Nah, itulah beberapa hal penting seputar mendampingi anak mengerjakan PR yang harus kamu tahu. Semoga bermanfaat dan selamat belajar bersama si kecil, ya!