1. Homeschooling diakui dan diatur dalam UU Pendidikan
Tidak berada dalam naungan sekolah bukan berarti homeschooling tidak diakui negara. Homeschooling justru diatur dalam UU Sisdiknas sebagai bagian dari akses pendidikan. Orang tua yang anaknya menempuh pendidikan dengan jalur homeschooling diwajibkan untuk melapor kepada dinas pendidikan setempat. Kemudian untuk mendapatkan ijazah murid homeschooling bisa mengikuti ujian kesetaraan paket A yang setara dengan SD, paket B yang setara dengan SMP, serta paket C yang setara dengan SMU.
 

source: https://www.thoughtco.com/thmb/xscl1EX63AWlD4ULF-WTMXEQnL8=/768x0/filters:no_upscale():max_bytes(150000):strip_icc()/mother-watching-daughter-do-homework-595347859-59092d675f9b586470e09ec8.jpg




 

2. Home schooling membuat anak lebih fokus menyerap ilmu
Karena sifatnya yang one on one atau dalam grup kecil, homeschooling membuat anak lebih fokus dalam menyerap ilmu pengetahuan yang diajarkan. Selain itu murid homeschooling juga memiliki kebebasan yang lebih besar untuk mengeksplorasi ilmu baru yang didapat sehingga lebih memahami ilmu, bukan sekedar menghafal.
 

source: http://thefederalist.com/wp-content/uploads/2015/08/shutterstock_76131610-998x691.jpg
baca juga

3. Homeschooling dapat melemahkan kemampuan sosialisasi anak
Di sekolah umum para siswanya akan saling berinteraksi satu sama lain, dengan segala perbedaan karakter dan latar belakang masing-masing. Hal tersebut membuat anak menjadi luwes dalam berinteraksi sosial. Tentunya berbeda dengan anak yang menjalani homeschooling, di mana ia tidak terbiasa untuk berinteraksi dengan teman-teman sebaya yang berbeda-beda karakter serta latar belakang. 
 

source: https://www.studentofthegun.com/wp-content/uploads/2018/02/Homeschooling.png

4. Homeschooling memerlukan biaya yang besar
Homeschooling lebih populer di kalangan masyarakat dengan ekonomi tingkat atas karena biayanya yang tidak murah. Berbeda dengan sekolah umum yang seringkali mendapatkan subsidi dari pemerintah hingga bisa mengurangi beban orang tua dalam membiayai pendidikan anaknya, homeschooling justru membutuhkan biaya yang tinggi karena bersifat pribadi.
 

source: http://www.kiwimagonline.com/wp-content/uploads/2015/08/homeschooling-1.jpg