Usai mendapatkan ASI diusai dua tahun, para orangtua memang disarankan untuk memberikan susu formula sebagai pengganti ASI. Walaupun manfaatnya tidak sebaik ASI, tapi susu formula diperlukan anak di atas usia dua tahun untuk menunjang kesehatan dan juga tumbuh kembangnya.
 
Daripada penasaran, yuk simak manfaat susu formula untuk anak yang perlu diketahui para orangtua seperti berikut ini:


1. Tulang Kuat

Kandungan kalsium yang umumnya ada pada susu formula dapat membuat tulang anak yang sedang dalam masa pertumbuhan menjadi kuat dan sehat. Selain itu, memberikan susu formula pada anak di usia dua tahun juga dapat membuatnya terhindar dari risiko osteoporosis yang dapat menyebabkan kelainan tulang atau anak tidak tumbuh dengan baik.

source: http://sneakfit.in


 

2. Perkembangan Syaraf Otak

Kandungan zat besi pada susu formula diyakini dapat membantu pertumbuhan otak pada anak. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa anak yang rutin mengonsumsi susu setiap hari terbukti lebih cerdas dibanding anak yang tidak rutin mengonsumsi susu. Penting diketahui bahwa 100 gr susu mengandung energi 61 Kkal, protein 3,2 gr dan 143 mg kalsium.

source: http://parentingandbabies.com
baca juga


 

3. Lebih Aktif

Umumnya susu formula juga mengandung energi yang dapat membuat anak jadi lebih aktif. Tak hanya itu, susu formula juga mengandung fosfor, protein, vitamin A dan juga vitamin B yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan energi anak sehingga membuat anak tidak mudah lelah dan lebih aktif saat melakukan aktivitasnya.

source: http://www.dailymail.co.uk


 

4. Gigi Sehat

Mengonsumsi susu setiap hari ternyata juga dapat membuat gigi anak lebih sehat dan mencegah masalah kesehatan gigi seperti gusi bengkak atau gigi berlubang. Hal tersebut dikarenakan kandungan nutrisi pada susu formula ternyata dapat membantu melindungi permukaan enamel pada gigi.

source: https://blog.ink361.com
baca juga


 

5. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi dapat berbahaya pada kesehatan anak, salah satunya adalah dapat membuat anak mengalami sakit tenggorokan dan bibir kering. Karena itu, pastikan anak terhindar dari dehidrasi dengan rutin memberikan susu. Pasalnya, susu kaya akan mineral atau molukel air. Namun, walaupun begitu tetap berikan air putih pada Si Kecil.

source: http://www.eastsidespeech.com.au