1. Minum air putih yang banyak
Jika biasanya Moms cukup minum air putih sebanyak 1 liter dalam sehari, maka Moms perlu meningkatkan asupan air putih hingga 3 liter per harinya. Sebagian besar kandungan ASI adalah air. Maka, semakin banyak Moms meminum air putih, akan semakin banyak pula ASI yang bisa diproduksi tubuh. Biasakan pula meminum air putih sebanyak 2 gelas tiap sebelum dan sesudah menyusui atau memompa ASI agar tidak mudah dehidrasi. 
 

source: https://news.sanfordhealth.org/wp-content/uploads/2018/03/501534503-1024x683.jpg

2. Makan kacang-kacangan
Berbagai jenis kacang amat baik untuk melimpahkan produksi ASI. Tidak selalu harus kacang almond yang mahal, Moms juga bisa mengasup kacang merah sebanyak 1 hingga 2 mangkok per hari. Rebus kacang merah dengan sedikit garam hingga lunak, lalu selipkan menu kacang merah rebus tersebut di sela-sela sarapan dan makan siang, serta antara makan siang dan makan malam. Selain ASI yang semakin banyak, rajin mengasup kacang merah juga akan membuat rambut Moms lebih indah, lho!
 

source: https://i1.wp.com/savorthebest.com/wp-content/uploads/2015/01/red-beans.jpg?ssl=1
baca juga

3. Memompa ASI dengan rutinitas jam yang sama
Jika Moms merupakan ibu yang bekerja di kantor, usahakan selalu memompa ASI pada jam yang sama setiap harinya, sebanyak 2 hingga 4 kali selama jam kantor. Rutinitas memompa ASI pada jam yang sama amat efektif untuk meningkatkan produksi ASI dalam beberapa hari saja. Catat terus kenaikan hasil pompa ASI-nya ya, Moms, agar semakin bersemangat dalam memompa ASI.
 

source: http://www.medela.co.za/.imaging/mte/medela-global/zoom/dam/medela-com/breastfeeding-consumer/pictures/general/advice/woman-breast-pump-hands-free.jpg/jcr:content/woman-breast-pump-hands-free.jpg

4. Mengasup Suplemen atau Booster ASI
Berbagai suplemen atau booster ASI beredar luas di pasaran. Boleh-boleh saja jika Moms ingin mengasupnya secara rutin. Namun, usahakan selalu membelinya dari sumber yang terpercaya ya, Moms, agar keaslian produk tetap terjaga. Juga, jangan mudah tergoda dengan harga yang mahal. Suplemen atau booster ASI sifatnya 'cocok-cocokan'. Belum tentu suplemen atau booster ASI dengan harga yang mahal cocok untuk meningkatkan produksi ASI Moms. 
 

source: https://www.herbalsuite.com/wp-content/uploads/mind-supplements.jpg
baca juga

5. Mengontrol pikiran dan perasaan selalu bahagia
Hormon yang bertugas untuk mengatur produksi ASI yakni hormon prolaktin dan oksitosin. Hormon oksitosin juga biasa disebut hormon cinta. Disebut demikian karena hormon oksitosin berlimpah jika suasana hati Moms dipenuhi perasaan cinta dan kebahagiaan. Sebenarnya suasana hati inilah yang paling banyak berperan dalam produksi ASI. Moms bisa tetap memproduksi banyak ASI tanpa suplemen atau booster ASI khusus, asalkan Moms selalu mengontrol pikiran serta perasaan selalu bahagia. 
 

source: https://cdn.shopify.com/s/files/1/1372/9497/files/Happy_Healthy_Mother_and_Happy_Healthy_Baby_1024x1024.jpg?v=1495501625