Sumber Informasi Mendidik Anak

Tidak dapat dipungkiri kemajuan teknologi mempengaruhi cara orang tua mencari informasi. Jika pada masa lalu, orang tua harus bertanya pada orang lain yang lebih tua tentang cara mendidik anak, namun tidak berlaku di zaman sekarang. Orang tua masa zaman dulu cenderung lebih banyak membaca sumber infomasi fisik seperti buku atau majalah parenting.

Orang tua zaman now memanfaatkan teknologi sebagai sarana mencari informasi seputar pengasuhan anak. Orang tua lebih mudah mengakses informasi dari para pakar parenting yang menurut mereka sesuai dengan kondisi keluarga.
 

Sumber Informasi Mendidik Anak
source: https://thumbs.dreamstime.com/b/parents-avec-des-enfants-jouant-sur-l-ordinateur-portable-56431606.jpg

Namun Moms, harus hati-hati saat mengakses sumber informasi. Salah-salah, kita mengakses sumber informasi yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Kita tetap harus belajar dari orang tua zaman old ya, menggunakan buku sebagai salah satu sumber rujukan. 

Pola Asuh yang Diterapkan

Zaman dulu, pola asuh orang tua cenderung kaku, ketat dan tegas. Disiplin sangat ditegakkan ditengah-tengah keluarga. Orang tua juga menggunakan prinsip helicopter parent, di mana orang tua selalu siap kapan saja anak membutuhkan. Orang tua juga memantau anak-anak dalam jarak dekat. 

Sekarang, orang tua menerapkan pola asuh yang lebih fleksibel dalam mendidik anak. Orang tua zaman now memberi anak kebebasan bereksplorasi, meski tetap memantau dan memberi anak batasan tertentu. Meski demikian, orang tua sekarang belajar lebih menghargai anak sebagai manusia, bukan semata-mata anak kecil yang tidak bisa melakukan apapun. Pola asuh ini biasa dikenal dengan drone parenting. 

Pola Asuh yang Diterapkan
source: https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSyhg-sEOJ7CsPA0w8oXGt6ZDhn0w23VyRgmWv_s0Oi1VtSIbDk9YYUKxGWcA
baca juga

Pendokumentasian Perkembangan Anak

Zaman dulu, Moms tentu ingat saat ayah atau ibu mendokumentasikan kita saat sedang melakukan sesuatu. Tidak sekedar membidik, orang tua juga mencetaknya dan membuatkan album sesuai periode. Kenang-kenangan itu dapat Kita lihat hingga saat ini ya Moms?

Nah, seiring dengan berkembangnya teknologi, orang tua masa kini lebih suka mendokumentasikam anak dan mempostingnya di media sosial. Banyak alasan yang melatar belakangi postingan anak di media sosial, dari sekedar dokumentasi, berbagi cerita inspiratif, maupun tujuan lain.

Pendokumentasian Perkembangan Anak
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcREjy5Go7Sg4fWWybBpQGltfMhx0gzc_NkpVeCtW7FFwGe0cy28eI_5Nms_

Fokus Pendidikan Anak

Dahulu, akademik menjadi satu-satunya parameter keberhasilan anak. Anak dituntut memiliki nilai akademik yang baik dan masuk ke dalam bidang pekerjaan yang menjanjikan/pegawai.
Saat ini, meski akademik masih menjadi prioritas, tapi anak-anak diberi pilihan mengembangkan bakat dan minatnya. Anak juga didukung untuk mengembangkan dirinya agar lebih kreatif dan inovatif. Tidak heran saat ini lapangan pekerjaan lebih beragam, anak bahkan bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dari kecil.

Fokus Pendidikan Anak
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQyRuxYUDL0xbLtmaFR2G6iD3Cn2-ctIkn937uq472y2NGQHLCn
baca juga

Nah Moms, meski orang tua zaman now tampak lebih baik dalam  pola pengasuhanya, tapi sebenarnya banyak hal yang sepatutnya kita pelajari dari generasi pendahulu. Baik dari segi kedisiplinan, melatih kemandirian anak, dan ketegasan. Orang tua zaman now juga sebaiknya mengingat bagaimana indahnya bercengkrama dengan seluruh keluarga dibandingkan sibuk dengan gawainya sendiri. Meski itu atas nama "mendidik anak" lho Moms!