Akut atau Kronis?

Banyak sekali yang melakukan kesalahan dalam memahami arti sebuah diagnosis penyakit. Kata akut dan kronis kerap dianggap sama, yaitu untuk menggambarkan kondisi kesehatan yang sudah sangat parah dan sulit untuk ditangani. Padahal, keduanya ternyata menunjukkan kondisi yang sangat berbeda satu sama lain. Misalnya, istilah penyakit akut digunakan untuk menggambarkan kondisi penyakit yang dialami pasien terjadi dalam durasi/waktu yang singkat. Dengan kata lain, kata akut digunakan ketika sebuah penyakit menimbulkan serangan dalam waktu sekejap. Berbeda dengan akut, penyakit kronis biasanya digunakan untuk memberikan gambaran penyakit yang diderita dalam waktu lama dan dapat berkembang secara perlahan.
 

Yuk, Pahami Perbedaan Penyakit Kronis dan Penyakit Akut
source: http://palembang.tribunnews.com/


 


Penyakit Akut

Penyakit akut bisa dikategorikan sebagai penyakit yang dapat secara tiba-tiba menjangkit dan memberikan keluhan mendadak. Penyakit seperti ini biasanya termasuk dalam penyakit yang dapat terjadi secara tiba-tiba atau mendadak. Meskipun mendadak, penyakit akut biasanya tidak akan lama, cukup dalam cepat berkembang, dan membutuhkan perawatan segera dan mendesak. Contoh penyakit akut adalah demam berdarah dan asma.
 

Yuk, Pahami Perbedaan Penyakit Kronis dan Penyakit Akut
source: https://www.hellosehat.com/


 

baca juga


Penyakit Kronis

Nah, penyakit kronis biasanya menunjukkan kondisi penyakit yang lama diderita. Kronis menggambarkan penyakit yang lebih kompleks sehingga berisiko menimbulkan penurunan tingkat dan kondisi kesehatan secara bertahap dan perlahan. Bahkan, penyakit kronis juga dapat menyebabkan kematian karena sifatnya yang membutuhkan perawatan intensif dan khusus. Contoh penyakit kronis adalah kanker, jantung, dan diabetes.
 

Yuk, Pahami Perbedaan Penyakit Kronis dan Penyakit Akut
source: https://www.timesofisrael.com


Nah, itulah perbedaan umum seputar penyakit akut dan penyakit kronis. Semoga informasi ini bermanfaat dan tidak membuatmu salah paham dalam menerima penjelasan diagnosis dari dokter.