1. Bayi Mengalami Banyak Mimpi Selama Tidur
 

Tahukah Moms Bahwa Bayi Baru Lahir Bisa Bermimpi? Ini Dia Faktanya!
source: https://education.onehowto.com/


Seorang Professor of Pediatrics di Stanford University, Dr. Alan Greene, mengungkap bahwa seorang bayi baru lahir lebih sering bermimpi jika dibandingkan dengan para orang dewasa. Ia juga mengatakan bahwa tidur bayi juga merupakan salah satu media penyegaran tubuh dan otak, sama seperti orang dewasa.

Bayi juga memiliki beberapa siklus tidur seperti orang dewasa, mulai dari tahapan light sleep (tahapan tidur di mana seseorang mudah terbangun), tahapan deep sleep (tahapan di mana otak dalam kondisi beristirahat), kemudian kembali ke tahapan light sleep. Untuk orang dewasa, siklus tidur ini membutuhkan waktu sekitar 90 menit. Sedangkan, bayi akan mengalami pemindahan atau perubahan siklus light sleep ke deep sleep dalam waktu 50 menit. Tahapan light sleep merupakan waktu di mana seseorang, termasuk bayi, mengalami mimpi. Periode tahapan yang singkat membuat bayi lebih sering bermimpi daripada orang dewasa.
 


2. Memimpikan Berbagai Pengalaman yang Menyenangkan dan Menyedihkan
 

Tahukah Moms Bahwa Bayi Baru Lahir Bisa Bermimpi? Ini Dia Faktanya!
source: http://www.vitadamamma.com/


Meskipun belum pernah ada bayi yang dapat menceritakan mimpi yang dialaminya, Profesor Greene memastikan bahwa bayi memimpikan beragam pengalaman yang dapat dirasakan. Hal ini terlihat dari berbagai tanda yang muncul saat seorang bayi tidur. Jika seorang bayi bangun dengan wajah bahagia dan tersenyum, bisa jadi ia baru saja mengalami mimpi yang indah dan menyenangkan. Berbeda dengan bayi yang malah rewel dan menangis saat bangun tidur. Bisa jadi ia baru saja memimpikan hal yang tidak menyenangkan seperti popok penuh, kelaparan, atau sedih karena tidak diperhatikan ibunya. 
 

baca juga


3. Tanda Bayi Saat Bermimpi
 

Tahukah Moms Bahwa Bayi Baru Lahir Bisa Bermimpi? Ini Dia Faktanya!
source: https://www.youtube.com/watch?v=Jz_-KTW0Low


Bayi memang tidak dapat mengatakan dan menceritakan mimpi yang baru saja ia alami saat tidur. Akan tetapi, ia dapat memperlihatkan beberapa tanda bahwa ia sedang bermimpi, seperti misalnya:

  • Menyentak saat tidur: Jika kamu melihat bayimu menyentakkan kaki saat ia tidur, bisa jadi ia sedang bermimpi melakukan gerakan-gerakan yang heboh. 
  • Tersenyum saat tidur: Tidak jarang, saat memasuki usia beberapa bulan saja, seorang bayi bisa dapat menunjukkan tanda lain seperti tersenyum saat tidur. Tanda ini dapat menunjukkan mimpi indah dan menyenangkan yang sedang ia alami.
  • Gerakan mata saat tidur: Rapid eye movement saat tidur juga dapat menjadi tanda bahwa seorang bayi sedang bermimpi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jika mata mengalami pergerakan cepat saat tidur, itu tandanya sedang terjadi pergantian mimpi dalam tidur.