Obat Kanker Trastuzumab

Seorang pasien BPJS dengan kanker HER2+ mendapatkan pihak Rumah Sakit menolak resep Trastuzumab. Hal ini tentu cukup menghebohkan mengingat obat ini sangat terbukti aman dan efektif dalam terapi pengobatan kanker dan memperpanjang usia dari penderita kanker payudara HER2+. Diketahui, terhitung sejak 1 April 2018, obat Trastuzumab ini sudah tidak lagi masuk dalam obat yang ditanggung oleh BPJS. Pasalnya, harga obat ini dapat mencapai 25 juta rupiah. Sedangkan, satu orang penderita kanker HER2+ setidaknya perlu untuk menjalani 8 sesi dari 16 sesi perawatan dengan obat Trastuzumab.
 

Kabar Gembira! Ternyata Obat Kanker Trastuzumab Masih Ditanggung oleh BPJS
source: https://www.kompas.com/


 


Keluarnya Obat Kanker Trastuzumab dari Daftar Obat Tanggungan BPJS

Saat menyatakan tidak ditanggungnya obat kanker Trastuzumab, Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) BPJS, Nopi Hidayat mengonfirmasi kebenaran bahwa sejak 1 April 2018 BPJS sudah tidak lagi memberikan jaminan untuk obat kanker Trastuzumab. Hal ini sesuai dengan keputusan Dewan Pertimbangan Klinis, yang memaparkan bahwa obat Trastuzumab tidak terbukti dengan dasar indikasi medis dapat digunakan atau diberikan pada pasien kanker payudara metastatik.
 

Kabar Gembira! Ternyata Obat Kanker Trastuzumab Masih Ditanggung oleh BPJS
source: https://www.tempo.co/


Di sisi lain, para penderita kanker mengungkap kekecewaan sebab obat ini mereka rasakan langsung dapat memberikan manfaat dalam proses terapi penyembuhan mereka.
 

baca juga


BPJS Kembali Menjamin Obat Kanker Trastuzumab

Karena menunjang banyak protes, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan, Widyawati, mengeluaran penyataan bahwa obat kanker Trastuzumab atau Herceptin tetap masuk dalam daftar obat yang dijamin oleh BPJS Kesehatan. Pernyataan ini didasarkan pada keputusan Menteri Kesehatan 856/2017 tentang Formularium Obat Nasional. Dalam keputusan menteri ini, obat Trastuzumab merupakan obat yang masuk dalam tanggungan BPJS.
 

Kabar Gembira! Ternyata Obat Kanker Trastuzumab Masih Ditanggung oleh BPJS
source: http://blog.tribunjualbeli.com/


 


Aturan Penggunaan Obat Trastuzumab 

Bersamaan dengan itu, Widyawati juga menyampaikan bahwa penggunaan obat Trastuzumab untuk peserta BPJS juga diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 22 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Restriksi Penggunaan Obat Trastuzumab untuk Kanker Payudara Metastatik pada Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional. Dengan begitu, obat ini tidak lagi dapat sembarangan digunakan tanpa pengawasan dokter yang mengikuti peraturan menteri.
 

Kabar Gembira! Ternyata Obat Kanker Trastuzumab Masih Ditanggung oleh BPJS
source: https://mcnetwork.net/


Nah, itulah ulasan mengenai dimasukkan kembali obat kanker Trastuzumab dalam deretan obat yang ditanggung BPJS.