Posisikan diri senyaman mungkin. Hal ini tentunya poin pertama yang harus kita lakukan, ambil posisi menyusui yang benar dan tentunya menurut Moms nyaman, Moms bisa bersandar dengan menggunakan bantal sebagai sandarannya atau bagi Moms yang sudah mempersiapkan sebelumnya bisa menggunakan bantal menyusui.

Posisikan bayi dengan nyaman dan benar. Nah, setelah posisi kita nyaman, Moms posisikan bayi dengan benar dan nyaman juga ya. Gendong bayi dengan satu tangan, setengah mendekap, posisikan payudara dengan tangan yang lain, dekatkan muka bayi ke payudara dan pastikan bayi menempel dengan badan Moms ya, agar bisa menyusui dengan sempurna.

 

Moms, Sudahkah Posisi Menyusuimu Benar? Cek Berikut Ini!
source: http://bangka.tribunnews.com/

Beri rangsangan pada bibir bawah bayi. Rangsangan ini dilakukan agar mulut bayi terbuka lebar dan pelekatannya pun sempurna dengan memasukan aerola ke dalam mulutnya, sehingga ASI pun terhisap dengan sempurna.

Bayi menghisap ASI. Pada tahap ini, bayi akan menghisap ASI menggunakan lidahnya. Moms tinggal mengikuti tahap irama menyedot dan menelan selama proses menyusui berlangsung.

Pindah payudara saat menyusui. Letakkan satu jari pada sudut bibir bayi saat Moms akan memindahkan posisi menyusui di payudara satunya, jangan tiba-tiba melepas mulut bayi dengan langsung menggeser payudara ya Moms. Hal tersebut akan membuat bayi rewel, bahkan jika gerakan kita spontan akan rentan membuat payudara lecet. Ibu menyusui pastinya nanti akan tahu kapan menyusui harus berpindah payudara, biasanya payudara akan terasa lunak. Perpindahan payudara ini harus dilakukan ya Moms agar tidak terjadi bengkak.

Moms, Sudahkah Posisi Menyusuimu Benar? Cek Berikut Ini!
source: https://cloudinary.com/

Tidak ada batasan waktu saat menyusui. Bayi akan mengatur porsi dan waktu ia menyusui, jadi tidak ada batasan waktu ya Moms saat kegiatan menyusui berlangsung. Semakin kenyang si kecil, maka ia akan tenang dan tidak rewel.

Bayi kenyang. Saat kenyang bayi akan melepas payudara dengan sendirinya, kita juga bisa mengetahui jika ia belum kenyang saat kita menarik aerola perlahan dengan satu jari, biasanya bayi akan menarik untuk menyedotnya kembali. Nah, jika bayi sudah kenyang maka Moms harus menggendongnya atau memeluknya dengan posisi bayi berdiri dalam pangkuan dan perlahan menepuk-nepuk punggungnya dan biarkan ia bersendawa.

Semangat terus mengASIhi ya Moms, pastikan posisi menyusui yang benar dan asupan nutrisi Moms harus terpenuhi karena berbagi dengan si kecil melalui ASI. Satu hal terpenting, ibu menyusui tidak boleh terlalu banyak pikiran apalagi meragukan produksi ASI kita, melimpahnya ASI juga tergantung pada rasa percaya diri Moms lho. Selamat menyusui!