Sebagian Besar Bayi Lahir dengan Kulit Tampak Keriput

Saat lahir, kondisi kulit setiap bayi berbeda-beda. Namun, sebagian besar bayi baru lahir memiliki kulit yang tidak mulus atau tampak seperti keriput. Meski struktur dan komponen kulit bayi yang baru lahir sudah lengkap, namun kulitnya belum berfungsi secara sempurna. Kulit bayi baru lahir juga masih dilindungi dengan lapisan yang disebut vernix caseosa. Lapisan kulit inilah yang membuat kulit bayi tampak jadi lebih berkerut.

Vernix caseosa atau disingkat vernix berupa lapisan putih yang menyelimuti tubuh bayi. Mungkin kelihatannya kotor namun vernix memiliki banyak manfaat lho, Moms. Makanya jangan buru-buru memandikan bayi hanya untuk menghilangkan lapisan ini ya. 
 
Sebagian Besar Bayi Lahir dengan Kulit Tampak Keriput
source: https://www.livestrong.com

 

Adapun manfaat Vernix caseosa yaitu:

1. Melindungi kulit bayi agar tidak berkerut akibat terendam dalam air ketuban selama berbulan-bulan. 
2. Menjaga suhu tubuh bayi ketika berada dalam rahim. 
3. Membantu mencegah terjadinya gesekan pada kulit bayi saat proses persalinan. 
4. Menjaga kulit bayi tetap lembap atau tidak kering karena terpapar udara. 
5. Menjaga bayi tetap hangat. 
 

Adapun manfaat Vernix caseosa yaitu:
source: https://www.embarazoymas.net
Nah, dalam beberapa hari, akan terjadi perubahan pada kulit bayi. Lapisan vernix yang membuat bayi tampak seperti keriput akan mengalami pengelupasan dan diganti dengan kulit sebenarnya yang mulus dan lembut. 
 
baca juga

Penyebab Lain

Ada hal lain yang perlu Moms ketahui. Kulit keriput juga sering dialami oleh bayi yang lahir dengan berat rendah atau BBLR dan bayi prematur.  Kulit bayi tampak keriput dikarenakan lemak pada posisi di bawah kulitnya yang masih sedikit. Apabila berat badannya bertambah, maka secara langsung kondisi lemak di bawah kulitnya juga akan bertambah sehingga kulitnya tidak akan keriput lagi. 

Jadi tak perlu khawatir ya, Moms! 
 
Penyebab Lain
source: https://fstoppers.com