ASI menyembur merupakan pertanda baik. Hal ini berarti Let down reflex (LDR) pada payudara tengah bekerja. LDR adalah kondisi terjadinya reflex pada payudara akibat syaraf-syaraf yang terstimulasi sehingga mengeluarkan hormon prolaktin dan oksitoksin. Kedua hormon ini sangat berperan membantu ibu menyusui. Hormon prolaktin membantu produksi ASI, sementara hormon oksitoksin membantu payudara mendorong ASI keluar melalui puting. 

Saat terjadi LDR, kadang ibu merasakan sensasi seperti kesemutan, geli ataupun nyeri pada bagian payudara. Namun, ada pula yang tidak merasakan apapun. Selain itu, ASI pun merembes, menetes bahkan menyembur.
 
Kenapa ASI Menyembur Saat Menyusui? Ini Penjelasan dan Tips Mengatasinya!
source: http://maryani-lisbeth.blogspot.com

 

Kapan Let Down Reflex Terjadi?

Let Down Reflex tidak terjadi begitu saja, namun dipicu oleh beberapa hal seperti ibu menyusui melihat dan memikirkan bayi, ibu mendengar bayi menangis atapun memandangi foto bayi saat sedang tidak bersama. Intinya LDR terjadi jika Moms sedang memikirkan si buah hati tercinta. 
LDR juga umum dialami oleh ibu pada awal-awal menyusui karena pada saat itu tubuh masih dalam tahap penyesuaian. Jadi, rangsangan apapun dari dalam maupun dari luar dapat menyebabkan refleks yang memicu payudara untuk mengeluarkan ASI. 

Setelah ibu mulai terbiasa menyusui, pelan-pelan LDR akan berkurang bahkan menghilang. ASI yang keluar pun sudah terkontrol dan tidak menyembur lagi. 
 
Kapan Let Down Reflex Terjadi?
source: https://www.cosmeticare.com

 
baca juga

Tips Mengatasi ASI Menyembur

Meski merupakan pertanda yang baik, namun ASI menyembur kadang membuat tidak nyaman. Apalagi jika Moms sedang berada di tempat umum. Berikut beberapa trik untuk mengatasi ASI yang mengalir deras hingga menyembur keluar: 

1. Sebelum mulai menyusui, perahlah sedikit ASI untuk mengendalikan aliran ASI agar bayi tidak kewalahan meminum ASI. Setelah itu, posisikan bayi untuk menyusu. 

2. Jika bayi kewalahan dan terengah-engah, hentikan proses menyusui sejenak. Setelah aliran ASI mulai melambat dan bayi sudah tidak terengah-engah, kembalilah menyusui. 

3. Lakukan pijatan pada bagian payudara dan areola untuk memperlambar aliran ASI. 

4. Gunakan breastpad untuk mengatasi ASI yang merembes dan tidak membuat baju menjadi basah, terutama saat sedang keluar rumah. 

5. Jika ASI Moms berlimpah, maka alangkah baiknya jika sebagian ASI didonorkan kepada bayi lain yang membutuhkan. 
 
Tips Mengatasi ASI Menyembur
source: https://momlovesbest.com

Jadi, tak perlu khawatir jika mengalami ASI menyembur ya, Moms, karena itu pertanda bahwa proses menyusui kamu sudah baik!