Flek

Tanda kehamilan selain terlambat menstruasi adalah munculnya flek pada celana dalam kita. Berbeda dari menstruasi yang berlangsung selama 5-7 hari, flek biasanya hanya terjadi selama beberapa jam atau paling lama 2 hari. Flek sebagai tanda kehamilan terjadi karena telur yang sudah dibuahi sedang menanamkan diri pada rahim.

source: https://onlinedoctor.lloydspharmacy.com


 

Kram Perut

Sebelum menstruasi, seorang wanita biasanya mengalami kram pada perut bagian bawah. Hal ini ternyata juga terjadi sebagai tanda kehamilan, lho. Sama seperti tanda sebelumnya, rasa kram pada perut terjadi karena adanya pergerakan sel telur yang sedang menanamkan diri pada rahim.
 

source: http://allindiaroundup.com


 

baca juga

Mual

Tanda kehamilan yang selanjutnya adalah munculnya rasa mual karena hal yang tidak jelas. Rasa mual ini biasanya muncul pada pagi hari, sehingga banyak yang menyebutnya dengan istilah morning sickness. Rasa mual akan muncul selama beberapa minggu pada awal kehamilan. Agar tubuh tidak drop, sebaiknya kamu tetap mengonsumsi berbagai makanan bergizi meskipun merasa mual.

source: https://www.rockthebabybump.com


 

Sensitif Pada Bau

Perubahan hormon pada ibu hamil membuat beberapa indera menjadi lebih sensitif. Kasus yang paling banyak ditemui adalah sensitifnya indera penciuman pada bau. Saat hamil, tubuhmu akan memberikan respon yang berbeda terhadap rangsangan bau. Aroma masakan atau parfum yang awalnya kamu suka, justru berubah menjadi bau yang membuat mual.

source: http://www.newkidscenter.com


 

baca juga

Rasa Nyeri Pada Payudara

Peningkatan hormon progesteron saat hamil membuat ukuran payudara menjadi lebih besar dan jadi lebih sensitif. Mirip seperti gejala menstruasi, pada masa awal kehamilan, payudara akan terasa nyeri. Jika payudara terasa nyeri di luar masa menstruasi, kemungkinan besar hal tersebut adalah tanda kehamilan.

source: http://pregnancy.lovetoknow.com

Nah, itu tadi beberapa tanda kehamilan yang bisa kamu lihat sebelum menstruasi. Meskipun beberapa tanda kehamilan bisa kita lihat dari perubahan tubuh, tapi ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui status kehamilan dengan lebih pasti ya, ladies!