Lebih baik mencegah daripada mengobati. Sebelum bayi terkena biduran atau gatal-gatal, lebih baik jauhkan ia dari penyebab umum biduran berikut ini: 
  • Alergi terhadap makanan atau obat-obatan
  • Infeksi, termasuk pilek dan virus
  • Suhu dingin
  • Menggaruk kulit
  • Gigitan serangga dan sengatan
  • Serbuk sari
  • Paparan matahari
source: https://www.momjunction.com

 

Tips Mengobati Biduran pada Bayi

1. Berikan Obat Pereda Gatal
Rasa gatal akibat biduran pada bayi bisa diatasi dengan memberikan antihistamin oral. Obat ini bisa dibeli di apotik dan jangan lupa menanyakan mengenai jenis yang tepat dan aman dikonsumsi anak-anak. Selain itu, selalu ikuti petunjuk pada label dan gunakan dosis yang benar. 

2. Nyamakan Gatal dengan Lap Dingin
Rasa gatal pada kulit bayi bisa diredakan dengan mengaplikasikan kain dingin di atas bidurannya. Ambil kain berpermukaan lembut lalu masukkan es ke dalamnya atau bisa didiamkan sejenak di dalam freezer sebelum digunakan. 
 
source: https://www.happiestbaby.com

 
baca juga

3. Jangan Biarkan Anak Menggaruk Kulit

Sebisa mungkin, hindarkan anak menggaruk kulitnya yang gatal karena malah akan memperburuk ruam dan semakin menyebar. Untuk mengatasi hal ini, jaga kuku jari tangan anak tetap pendek. Selain itu, gatal-gatal bisa diredakan dengan mengoleskan krim anti-gatal yang mengandung pramoxine atau mentol. Selalu gunakan produk sesuai petunjuk ya! 

4. Mandi Air Hangat
Mandikan anak seperti biasa. Pastikan menggunakan air hangat, tidak panas, dan batasi waktu mandi selama 10 menit saja. Mandi air hangat akan membuat anak merasa nyaman dan mengurangi rasa gatalnya. Gunakan sabun yang lembut, bebas pewangi, dan hindari mandi busa. Setelah mandi, keringkan badan anak dengan menepuk-nepuk dengan handuk dan oleskan krim atau lotion pelembab lembut untuk kulit lembap. 
 
source: https://www.livingandloving.co.za

 

5. Buat Kamar Anak dan Rumah Senyaman Mungkin

Saat cuaca panas, buat suhu di kamar dan rumah sesejuk mungkin dengan menyalakan AC. Selain itu, pakaikan anak baju yang nyaman, longgar dan terbuat dari 100% katun. Tutupi kulit agar tidak tergores.

6. Jauhkan Anak dari Pemicu Biduran
Telah dijelaskan sebelumnya beberapa penyebab umum anak mengalami biduran dan gatal-gatal. Sebisa mungkin, jauhkan anak agar tidak terpapar hal-hal yang menyebabkan biduran, dan juga selalu simpan obat-obatan pereda gatal dalam kotak P3K di rumah. 
 
source: https://www.express.co.uk