1. Waktu Tindik Telinga Dilakukan

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), tidak ada batasan usia menindik telinga dan memasangkan anting bayi. Tindik telinga tidak berisiko selama dilakukan dengan benar dan higienis. Dalam prakteknya, beberapa orang tua menindik telinga bayinya ketika baru berusia 12 hari. Ada pula yang menunggu sampai ulang tahun pertamanya. Sementara, ahli menyarankan agar tindik telinga bayi tidak dilakukan pada bayi baru lahir. 

Rekomendasi AAP adalah menunggu anak dapat dilatih untuk merawat sendiri bekas tindik telinga, yang tak lain adalah saat usianya beranjak 2 tahun. Kenapa memilih usia anak 2 tahun Beberapa alasan di antaranya: 
  • Daya tahan tubuh sudah cukup berkembang baik melawan alergi
  • Anak dapat dilatih untuk merawat bekas tindik telinganya
  • Kulit pada bagian telinga masih lembut dan tidak sehalus sebelumnya
  • Sudah mendapatkan imunisasi untuk cegah tetanus
1. Waktu Tindik Telinga Dilakukan
source: https://www.thecut.com

 

2. Pilih Tempat Tindik Telinga Bayi yang Aman

Tindik telinga dapat dilakukan di toko perhiasan ataupun oleh tenaga medis yang profesional. Sebenarnya, tidak ada aturan yang mengharuskan menindik telinga bayi di tempat tertentu. Hanya saja, harus memerhatikan syaratnya, yaitu tempatnya harus aseptik. Alat yang digunakan pun harus steril. Tindik telinga berbeda untuk bayi dan orang dewasa. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan riset dan temukan tempat yang memiliki reputasi baik untuk melakukan tindik pada bayi. Jangan memilih tempat acak. Kalau perlu, konsultasikan dengan dokter anak mengenai tempat yang aman untuk menindik telinga bayi perempuan. 
 
2. Pilih Tempat Tindik Telinga Bayi yang Aman
source: https://www.foxnews.com

 
baca juga

3. Persiapan yang Perlu Dilakukan

Lakukan beberapa persiapan berikut ini sebelum membawa bayi untuk tindik telinga: 
  1. Bayi tidak sedang sakit ataupun suasana hatinya sedang tidak baik. Untuk itu, bayi perlu mendapat makanan dan tidur yang cukup agar tidak rewel saat proses tindik dilakukan. 
  2. Siapkan mainan atau barang favorit bayi untuk mengalihkan perhatiannya. 
  3. Selama proses penindikan, pegang anak dengan lembut dan jangan biarkan tangannya mencapai telinganya. Moms juga bisa menenangkan bayi dengan mengajak bicara atau bernyanyi untuknya. 
3. Persiapan yang Perlu Dilakukan
source: https://nypost.com


 

4. Jenis Anting Bayi

Pilihan anting bayi harus aman dan melekat dengan baik di telinga. Pada bagian belakang terdapat penutup yang tidak mudah terbuka. Bobot anting pun harus ringan. Hindari memilih anting yang menjuntai karena mudah ditarik. Pastikan juga untuk memilih anting yang terbuat dari baja yang biasa dipakai untuk alat bedah atau emas setidaknya 14 karat agar tidak memicu reaksi alergi.
 
4. Jenis Anting Bayi
source: http://www.newkidscenter.com