Orang tua tentu ingin memberikan nama dengan makna terbaik bagi anak-anaknya. Saat ini banyak orang tua yang mempersiapkan nama sebelum kelahiran bayinya. Mereka mencari inspirasi nama bayi  perempuan atau bayi laki-laki. Jika ditelaah, saat ini banyak orang tua yang memakai nama bayi dari bahasa Sanksekerta.

source: https://yukepo.com/

Bahasa yang merupakan salah satu bahasa Indo-Eropa yang paling tua adalah bahasa Sanksekerta. Bahasa tersebut juga sering disebut bahasa klasik India. Jika diingat-ingat bahasa Sanksekerta mulai masuk di era kerajaan Hindu. Meskipun kuno dan klasik, bahasa Sansekerta ini bisa kok menjadi inspirasi untuk nama bayi. Pada era saat ini nama dengan asal bahasa Sanksekerta menjadi terlihat lebih unik dan keren. Mau dapat inspirasi nama bayi dari bahasa Sanksekerta? Simak nama-nama berikut yuk!

Padma Gayatri

source: https://meetdoctor.com/

Padma memiliki arti teratai, sedangkan Gayatri berarti cantik. Dalam nama ini terdapat filosofi bunga teratai. Meskipun bunga teratai tumbuh di tembang yang cenderung kotor seperti lumpur, bunga ini tetap nampak cantik, anggun dan indah. Jika Padma dan Gayatri disatukan akan tergambarkan sosok yang cantik, anggun dan bahagia dalam menjalani hidup meski dalam lingkungan yang tidak terlalu baik.

baca juga

Inggit Wimala

source: https://infotografi.com/

Nama Inggita Wimala memiliki makna pribadi yang memiliki tingkah laku yang baik, jauh dari perilaku-perilaku yang tercela. Inggita berarti tingkah laku dan wimala berarti suci. Seseorang yang menggunakan nama ini berharap memiliki kepribadian yang baik sesuai arti dari namanya.

Amretna Tisna

 

source: https://kumpar.com/

Amretna memiliki arti air kehidupan, sedangkan tisna berarti kasih sayang. Amretna Tisna berarti seperti sumber air mata yang mendatangkan kasih sayang. Seseorang yang memiliki nama ini berharap menjadi penyejuk melalui pribadinya yang penuh kasih sayang terhadap lingkungannya. Jika dibayangkan seseorang dengan nama ini akan luwes dalam bersosialisasi.

baca juga

Sembagi Arutala

 

 

source: https://tempo.co/

Karakter yang memiliki ambisi tinggi serta tidak mudah menyerah akan cocok dengan nama ini. Sembagi Arutala memiliki makna seseorang yang memiliki cita-cita atau keinginan seperti rembulan yang digambarkan sebagai pelita di tengah gelapnya malam. Jika diartikan satu-satu, Sembagi memiliki arti cita-cita dan Arutala berarti rembulan.

Ernama Saraswati

 

source: https://id.aliexpress.com/

Siapa yang ingin memiliki anak yang wawasannya luas? Nama bayi ini menggambarkan sosok yang berwawasan luas karena memiliki arti samudra ilmu. Seseorang yang menggunakan nama ini untuk anaknya berharap anaknya kelak memiliki wawasan yang luas.

Apapun nama bayi yang kita pilih nanti, semoga arti baiknya tercermin kelak pada budi pekerti anak kita ya Moms.