1. Amenorrhea

Amenorrhea adalah kondisi absennya menstruasi, selama satu periode atau lebih. Mereka yang tidak mengalami menstruasi tiga kali berturut-turut termasuk dalam kategori amenorrhea. Rendahnya hormon estrogen dalam tubuh selain dapat menimbulkan amenorrhea ternyata juga dapat menimbulkan osteoporosis, sebuah kondisi mengeroposnya tulang. Karena itu, waspadailah jika Moms mengalami amenorrhea. Amenorrhea yang disebabkan oleh gaya hidup dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup. Jangan lupa beristirahat setelah bekerja keras. Jangan berolahraga berlebihan ataupun menahan nafsu makan.

1. Amenorrhea
source: http://www.conceiveeasy.com/get-pregnant/amenorrhea/

2. Oligomenorea

Oligomenorrhea adalah adanya komplikasi dari siklus menstruasi. Istilah ini digunakan, jika siklus menstruasi tidak teratur. Selain itu Oligomenorrhea juga dapat disebabkan oleh polycystic ovarian syndrome (PCOS). Hal ini terjadi ketika seorang wanita terlalu banyak memproduksi hormon laki-laki sehingga menyebabkan kista kecil di dalam ovarium.

2. Oligomenorea
source: http://driverlayer.com/showimg?v=g&img=https://instructions.kidshealth.org/wp/Images/illustrations/oligomenorrhea_a_enIL.jpg&org=https://instructions.kidshealth.org/wp/oligomenorrhea-1511/&ti=The%20menstrual%20cycle%20is%20from&hos=instructions.kidshealth.org
baca juga

3. Polimenorea

Polimenorea adalah keadaan dimana seorang wanita hanya mempunyai siklus haid yang lebih sering dan kurang dari 21 hari. Wanita yang mengalami polimenora akan mengalami haid hingga 2 kali dalam sebulan bahkan bisa lebih dari 2 kali dengan jumlah haid yang relatif sama atau lebih banyak dari biasanya. Polimenorea bisa terjadi disebabkan adanya tidak seimbangan sistem hormonal pada aksis hipotalamus-hipofisis-ovarium. Ketidakseimbangan hormon tersebut bisa menyebabkan masalah pada proses ovulasi (pelepasan sel telur) atau memendeknya waktu yang diperlukan buat berlangsungnya satu siklus menstruasi normal hingga diperoleh menstruasi yang seringkali terjadi.

3. Polimenorea
source: http://www.obatpelancarhaid.net/gangguan-haid-pada-wanita/
3. Polimenorea
source: http://www.fertilityinstructor.com/hormones.html
baca juga

4. Hipermenorea

Hipermenorea adalah perdarahan haid yang banyak dan lebih lama dari normal, yaitu 6-7 hari dan ganti pembalut 5-6 kali perhari. Haid normal (Eumenorea) biasanya 3-5 hari (2-7 hari masih normal), jumlah darah rata2 35 cc (10-80 cc masih dianggap normal), kira-kira 2-3 kali ganti pembalut per hari. Salah satu penyebab hipermenorea adalah adanya kelainan anatomi rahim seperti mioma uteri, polip endometrium, heperlasia endometrium, kanker dinding rahim dan lain sebagainya.

4. Hipermenorea
source: http://enfermeria.me/fisiolgia-de-la-menstruacion/

5. Hipomenorea

Hipomenorea adalah pendarahan dengan jumlah darah sedikit, melakukan pergantian pembalut sebanyak 1-2 kali per hari, dan berlangsung selama 1-2 hari saja. Hipomenorea ini penyebabnya terletak pada konstitusi penderita, pada gangguan hormonal endoktrin atau penyakit menahun dan kelainan uterus (misalnya sesudah miomektomi).

5. Hipomenorea
source: http://id.wikipedia.org/wiki/Hipomenorea

6. Metroragia

Metroragia tidak ada hubungannya dengan haid, namun keadaan ini sering dianggap oleh wanita sebagai haid walaupun hanya berupa bercak.

 

6. Metroragia
source: http://www.dreamstime.com/photos-images/blood-drop.html

Artikel dari: http://beautynesia.id/438