1. Ikan Salmon 

Jenis makanan pertama yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan otak anak adalah ikan salmon. Ikan ini dikenal memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Para peneliti pun mengungkapkan kalau konsumsi asalm lemak omega-3 bisa meningkatkan daya ingat. Alternatif sumber omega-3 selain salmon adalah ikan tuna. Hanya saja, kandungan omega-3 di ikan tuna tidak sebanyak seperti pada ikan salmon.

source: https://cooking.nytimes.com

2. Telur 

Pilihan makanan berikutnya yang bisa mememberikan asupan gizi positif untuk perkembangan otak anak adalah telur. Harganya yang murah membuat telur bisa menjadi pilihan terbaik. Terlebih, telur merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan protein tinggi. Selain itu, kolin yang ada pada kuning telur bisa meningkatkan daya ingat anak. 

source: https://kompas.com
baca juga

3. Gandum 

Konsumsi gandum juga dapat memberikan dampak yang positif untuk perkembangan otak anak. Gandum yang memiliki kandungan vitamin B berguna untuk menjaga kesehatan sistem saraf. Hal ini pun dibuktikan dalam sebuah penelitian yang mengikut sertakan sekelompok lansia yang memiliki daya ingat rendah. Para peneliti meminta mereka untuk mengonsumsi berbagai jenis vitamin B - vitamin B6, B9, dan B12 - secara rutin selama dua tahun. Hasilnya, kerusakan sel saraf pada otak mengalami pengurangan.

source: http://www.mallardsgroups.com

4. Selai Kacang 

Selain itu Moms juga bisa membiasakan anak untuk mengonsumsi selai kacang dan kacang tanah. Kandungan vitamin E dan antioksidan pada makanan ini bisa melindungi sel saraf pada otak. Di waktu yang sama, vitamin E juga berguna untuk asupan energi bagi otak. Saat sarapan pagi, Moms bisa memberikan si Kecil roti yang diberikan selai kacang agar rasanya lebih nikmat. 

source: https://resepkoki.id
baca juga

5. Bayam 

Kandungan zat besi pada bayam ternyata juga menjadi sumber nutrisi yang penting bagi otak. Hasil penelitian mengungkapkan kalau zat besi berguna dalam meningkatkan daya ingat serta kemampuan belajar. Selain bayam, zat besi juga bisa dijumpai pada sayuran lain seperti kacang panjang dan kedelai. 

source: https://www.highmowingseeds.com