Buku dengan Banyak Gambar Lebih Menarik Minat Anak

Anak-anak lebih menyukai gambar dibanding tulisan. Anak dibawah lima tahun, daya visualnya lebih kuat. Oleh sebab itu, sebaiknya moms memilih buku cerita dengan banyak gambar di dalamnya. Anak-anak mempunyai daya visual yang lebih kuat dibanding hanya sekedar mendengar cerita. Anak dapat melihat dan membayangkan cerita melalui ilustrasi gambar yang disajikan.

Dengan demikian, anak akan lebih mudah mengerti isi cerita yang disampaikan oleh ibu. Gambar yang berwarna akan lebih mudah diingat dan dicerna oleh anak, sehingga anak dapat berimajinasi dengan baik. Dengan demikian, ibu hanya bermain intonasi dengan tekanan suara.

source: https://www.potterybarnkids.com


 

Buku dengan Kalimat Pendek

Berikan pada anak-anak buku cerita dengan struktur kalimat yang pendek dan tersusun dengan baik, sehingga penyampaian cerita tidak bertele-tele. Alur cerita yang panjang dan berputar-putar tentu akan membuat anak menjadi bingung. Pada saat usia anak sudah lebih dewasa, anak dapat membacanya sendiri dan buku dengan kalimat yang baik dan pendek tentu tidak akan membingungkannya. Susunan kalimat yang baik juga akan melatih kosakata anak menjadi lebih sempurna. Jadi secara tidak langsung, buku cerita yang tepat, dapat membantu anak melatih kemampuan bahasa dengan lebih baik.

source: https://www.tokopedia.com


 

baca juga

Berisi Pesan Moral

Dengan banyaknya buku cerita yang dijual di pasaran, tentu kamu mempunyai banyak pilihan untuk membelinya. Biasanya pada toko buku yang besar, disetiap judul buku terdapat satu buku sample, yang tidak tersegel dan dapat dibaca. Bacalah selintas buku yang hendak kamu beli ya, agar kamu dapat menangkap isi cerita dan pesan moral yang akan disampaikan.

Pesan moral yang disampaikan melalui buku cerita akan mudah ditangkap anak lewat alur yang baik dan gambar-gambar yang menarik. Jadi, saat membaca cerita untuk anak, ia tidak merasa digurui atau dinasehati.

source: http://www.rollercoaster.ie


 

Piiihlah Buku Kesukaannya

Tiap anak mempunyai minat dan kesenangannya sendiri. Jika anak sedang senang dengan kereta, belikan ia buku cerita seputar kereta. Sejarah kereta, jenis-jenis kereta, wisata dengan kereta atau yang lainnya. Atau kamu juga dapat membelikannya buku seri tentang Thomas and His Friends, buku serial yang bercerita tentang perjalanan kereta Thomas dan teman-temannya mengelilingi Pulau Sodor. Namun tentu sesuaikan dengan usianya agar anak tetap senang membacanya.

source: http://www.entertainmentearth.com