1. Terapi motivasi

Terapi ini bertujuan untuk memotivasi anak agar tidak ngompol dengan pemberian hadiah atau ganjaran yang menggugah minat anak. Jadi, anak dijanjikan hadiah apabila ia berhasil menghentikan kebiasaan ngompolnya. Cara untuk memberhentikan anak mengompol ini bisa dilihat dari catatan yang dibuat untuk mengetahui kemajuan anak. Akan tetapi perlu diingat bahwa cara ini hanya akan berhasil jika masalahnya hanya seorang anak yang malas untuk mulai bersikap mandiri. Jika anak tidak bisa mengontrol keinginannya untuk buang air kecil maka sebaiknya cara ini tidak digunakan.

 

Tenang Moms! Ini Tips Mengatasi Kebiasaan Mengompol Anak
source: https://imgflip.com

2. Terapi perilaku

Terapi ini menggunakan alat yang bisa mengeluarkan alarm ketika anak mulai mengompol. Alat ini diletakkan di dekat alat kelamin anak, tepatnya di pakaian dalam atau bisa juga di seprai. Alat ini bekerja dengan mendeteksi kelembaban di pakaian dalam anak. Ketika anak mulai mengompol, alat tersebut akan berbunyi atau bergetar sehingga anak terbangun dan bisa melanjutkan buang air kecil di kamar mandi.
 

Tenang Moms! Ini Tips Mengatasi Kebiasaan Mengompol Anak
source: https://hellosehat.com
baca juga

3. Jangan Memarahi Anak 

Kebiasaan buruk anak yang masih suka mengompol padahal sudah melebihi usia balita mungkin memang akan membuat jengkel sebagian orang tua, terutama ibu. Karena membersihkan bekas ompol di kasur merupakan pekerjaan yang melelahkan, apalagi jika harus dilakukan setiap hari. Sebaiknya hindari untuk meluapkan emosi walaupun Moms sedang sangat kesal dan lelah. Hal itu malah akan membuat anak semakin malu akan kebiasaannya dan semakin stres yang akhirnya akan menyulitkan ia berhenti mengompol. 
 

Tenang Moms! Ini Tips Mengatasi Kebiasaan Mengompol Anak
source: https://123RF.com

4. Jangan Mempermalukan Anak 

Mungkin orang tua bermaksud memberikan motivasi kepada anak dengan menceritakan kebiasaannya mengompol kepada orang lain. Harapannya adalah agar anak merasa malu dan menjadi bertekad untuk berhenti mengompol. Akan tetapi pada beberapa anak, hal itu justru akan membuatnya merasa minder dan rendah diri. Jangan lakukan itu ya Moms. 
 

Tenang Moms! Ini Tips Mengatasi Kebiasaan Mengompol Anak
source: https://freepik.com
baca juga

















Source: Dokteranak.Org